06 May 2021, 16:14Kandungan

Apakah menggunakan KB IUD masih bisa hamil ?

ES
Info Penanya: ES0
Sore dok.. saya berhubungan dengan istri saat istri sedang haid pada tanggal 21-23 maret dan sampek sekarang istri belum haid lgi. Tapi istri masih menggunakan KB IUD, apakah istri bisa hamil.?
194 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, E.Hubungan seksual dapat membawa manfaat dan mencegah berbagai penyakit seperti jantung, stroke, tekanan darah jika dilakukan bersama orang yang tepat dan waktu yang tepat pula. Namun hubungan seksual juga dapat menjadi sumber penyakit jika dilakukan bersama banyak orang dan saat wanita sedang menstruasi maupun masa nifas.

Apakah berhubungan seksual saat wanita menstruasi bisa hamil ?

Anda yang berhubungan seksual saat istri sedang menstruasi memang dapat mencegah kehamilan karena istri sedang dalam masa tidak subur, terlebih istri Anda menggunakan KB IUD yang merupakan sebuah alat yang dipasang di dalam rahim dengan tujuan sel sperma tidak dapat masuk bertemu dengan sel telur.Namun kemungkinan kehamilan masih tetap ada saat sperma mampu bertahan hingga sel telur kembali dihasilkan, serta posisi IUD yang bergeser membuat sperma berhasil masuk membuahi sel telur.

Apa yang menyebabkan telat haid setelah berhubungan seksual ?

Telat haid setelah berhubungan seksual tidak hanya disebabkan oleh kehamilan semata. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan telat haid antara lain :
  • Ganggauan ovulasi.
  • Penyakit PCOS, hipertiroid, diabetes militus, lupus.
  • Sedang menjalani diet ketat.
  • Memiliki berat badan obesitas atau malnutrisi.
  • Jarang olahraga.
  • Sedang stress.
Jalani pola hidup sehat, jangan berhubungan seksual saat haid, lakukan olahraga secara rutin agar haid kembali lancar. Jika Istri Anda tidak kunjung haid, disertai nyeri perut hebat, segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
siklus haidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil