Telat haid disertai keputihan, mules dan sering buang air kecil. Apakah gejala hamil?

LA Info Penanya: LA
Hallo dokkk , mau tanya , saya rutin biasa haid di tanggal 1-7 , setiap awal bulan , tp bulan ini sudah lewat tanggal 1 saya belum haid , tp saya keputihan terus , perut saya kemarin kram , badan saya kaya remuk , dan saya sering kali buang air kecil , tp saya belum cek tes pack , apakah ini gejala hamil???? ,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LA.

Gejala yang Anda alami, bisa saja sebagai tanda awal kehamilan. Namun cara yang paling mudah untuk memastikannya adalah dengan menggunakan tes kehamilan. Lakukan tes kehamilan di pagi hari menggunakan air kencing yang pertama, agar hormon kehamilan yang sudah dibentuk dapat terdeteksi. Karena jumlah hormon kehamilan mengikuti usia kandungan Anda. 

Bila hasil test pack menunjukkan tanda garis ada dua, walaupun samar-samar. Kemungkinan besar Anda memang sudah hamil. Untuk lebih memastikan dapat memeriksakan diri langsung ke Dokter Kandungan agar dilakukan pemeriksaan menggunakan USG (ultrasonografi). Tujuannya agar kantung kehamilan dapat terlihat.

Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Apakah Ciri-ciri Hamil 1 Minggu?

Jangan lupa istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan banyak minum. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala umum pada kanker ovarium adalah perut kembung.

10 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Tak Disadari

Gejala kanker ovarium seringkali tidak disadari oleh wanita, hingga menyebabkan kondisi tersebut semakin gawat. Namun, ada beberapa gejala kanker ovarium yang dapat dirasakan secara umum seperti perut kembung, nyeri perut, siklus menstruasi yang abnormal hingga sakits saat behubungan seksual.