Telat haid disertai keputihan, apakah penyebabnya?

A Info Penanya: A, Pria, 24 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Istri saya Udah telat Haid 4 hari, terus kata istri saya ,nggak keluar haid/darah tapi keluarnya putih semacam keputihan dok.. Mohon jawabanya dok ?Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Menstruasi normal bisa saja telat sampai dengan 7 hari sedangkan keputihan belum tentu tidak normal. Karena cairan di vagina memiliki fungsi penting dalam sistem reproduksi wanita. Cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim membawa sel-sel mati dan bakteri. Ini menjaga vagina tetap bersih dan membantu mencegah infeksi.

Keputihan yang normal, jumlahnya bisa bervariasi, seperti bau dan warna (yang bisa berkisar dari yang jernih sampai putih susu), tergantung pada waktu dalam siklus menstruasi. Misalnya, akan ada lebih banyak keputihan saat berovulasi, menyusui, atau terangsang secara seksual. Baunya bisa berbeda ketika anda hamil atau anda tidak telaten menjaga kebersihan diri.

Kapan keputihan disebut tidak normal? Jika warna, bau, atau konsistensi tampak sangat berbeda dari biasanya, terutama jika disertai gatal-gatal atau rasa terbakar pada vagina, anda mungkin menghadapi suatu infeksi atau kondisi lain.

Penyebab keputihan tidak normal?

- Penggunaan antibiotik atau steroid
- Bacterial vaginosis, infeksi bakteri lebih sering terjadi pada wanita hamil atau wanita yang memiliki banyak pasangan seksual
- Pil KB
- Kanker serviks
- Infeksi menular seksual
- Diabetes
- Menggunakan douche, sabun atau lotion beraroma/parfum, mandi busa
- Infeksi panggul setelah operasi
- Penyakit radang panggul (PID)
- Trikomoniasis, suatu infeksi parasit yang disebabkan oleh hubungan seks tanpa kondom
- Atrofi vagina, penipisan dan pengeringan dinding vagina selama menopause
- Vaginitis, iritasi di dalam atau sekitar vagina
- Infeksi jamur

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.