Telat haid disertai banyak keputihan, apa penyebabnya?

EK Info Penanya: EK
Sore dokter. Saya ingin bertanya, ade saya sudah telat haid 11 hari, dan dia malah dapat keputihan yg banyak smpe skrang dok. Mohon di jawabannya dok? Terima kasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EK.

Terlambat haid bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti gangguan hormon, pola hidup yang tidak sehat, beberapa jenis penyakit, konsumsi obat-obatan tertentu, penggunaan kontrasepsi hormonal, maupun kehamilan apabila sudah menikah atau pernah melakukan aktivitas seksual.

Sedangkan keputihan adalah lendir yang normal dikeluarkan oleh vagina, untuk menjaga kelembaban dan membantu mencegah benda asing yang masuk ke vagina. Keputihan yang normal berwarna bening, tidak berbau, tidak menggumpal, dan tidak menyebabkan gatal pada vagina. Keputihan bisa semakin banyak ketika seorang wanita mengalami masa subur, atau akan haid.

Tetapi, apabila keputihan berwarna cokelat, hijau, atau kemerahan, yang disertai dengan bau amis serta rasa gatal di vagina, maka tidak normal. Hal tersebut bisa disebabkan oleh infeksi virus, jamur, atau bakteri. 

Oleh karena itu, disarankan agar adik Anda melakukan pola hidup sehat agar hormon yang mengatur haid seimbang, dan menjaga kebersihan vagina dengan cara-cara berikut:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, misalnya yogurt, kombucha, kimchi, atau tempe
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Rutin berolahraga atau beraktivitas fisik 30 menit per hari
  • Kelola stres dengan melakukan yoga atau meditasi
  • Menjaga kondisi vagina agar tidak lembab
  • Gunakan celana dalam longgar dan berbahan menyerap keringat
  • Rutin mengganti pembalut pada saat menstruasi

Apabila dengan keluhan di atas keputihan tidak kunjung membaik dan haid tidak kunjung dialami selama tiga bulan berturut-turut, periksakan adik Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda harus waspada ketika mengalami keputihan berwarna hijau

Keputihan Berwarna Hijau dan Menggumpal, Berbahayakah?

Anda harus waspada ketika mengalami keputihan berwarna hijau, apalagi juga menggumpal. Kondisi itu bisa menandakan infeksi bakteri atau penyakit menular seksual.