Telat haid, tidak keputihan dan mual, apakah ini tanda kehamilan?

O Info Penanya: O, Wanita, 34 Tahun
halo Dok, saya sudah telat haid 10hari dan tidak mengalami keputihan. anehnya saat telat haid hari pertama saya masih sempat keputihan dalam jumlah banyak dan setelah beberapa hari saya tidak keputihan lagi. di tambah saya mengalami mual mual dan keram perut. saya juga sudah coba test kehamilan di rumah tapi hasilnya negatif. beberapa sumber mengatakan bisa saja alat test kehamilannya tidak akurat. menurut dokter apakah saya benar hamil? apakah telat haid di barengi tidak kepuputihan itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, O

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan suatu kondisi yang diharapkan hampir setiap pasangan suami istri. Tanda pasti kehamilan selain dengan tes kehamilan adalah dengan pemeriksaan fisik diagnostik oleh dokter dan juga permeriksaan USG kehamilan. Siklus menstruasi wanita yang normal yaitu 21 - 35 hari. Selain karena adanya kehamilan, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan seorang wanita terlambat menstruasi.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi adalah:

Keputihan merupakan hal normal dirasakan oleh wanita selama keputihan tersbeut tidak berbau, tidak berwarna dan tidak diikuti dengan rasa gatal. Bila keputihan berbau, berwarna kehijauan / kecoklatan / kekuningan dan atau diikuti dengan rasa gatal, dapat terjadi karena adanya infeksi dari bakteri, infeksi jamur atau bahkan karena infeksi menular seksual.

Terkait dengan keluhan Anda, jika tes kehamilan dinyatakan negatif, Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Bila hasilnya samar, silakan periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan USG kehamilan.

Tetap mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, hindari kelelahan dan stres, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh O
19 May 2020, 22:15
terima kasih dr. dian atas jawaban dan sarannya. saya akan cek kembali setelah 1 minggu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 May 2020, 06:20
Selamat pagi O,
Sama-sama. Semoga bermanfaat. Terima kasih kembali dari tim dokter SehatQ.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.