Telat haid dan urin berwarna pink, gejala apakah itu?

EF Info Penanya: EF
Dok saya mau bertanya, saya berumur 23 tahun belum menikah, dok saya sudah telat halangan udah hampir 2minggu dan kencing saya sedikit berwarna pink, kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan suatu kondisi keluarnya darah dari vagina yang pasti dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi seorang wanita pada umumnya adalah 28 hari. Tetapi ada juga yang 21-35 hari, itu masih wajar. Yang menjadi tidak wajar, jika siklus haid dibawah 21 hari dan diatas 35 hari, maka dapat dikatakan gangguan menstruasi. 

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mengalami keterlambatan haid, yaitu:

  • Stres
  • Kelelahan fisik.
  • Kehamilan.
  • Penggunaan KB.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, dll.

Kondisi yang Anda alami ini bisa saja akibat dari salah satu kondisi diatas. Sedangkan warna urin Anda yang berwarna pink, bisa diakibatkan karena infeksi saluran kemih, infeksi pada organ intim, dll. Untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi, saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan langsung agar diperiksa dan diberikan penanganan yang tepat. 

Untuk melancarkan haid Anda yang telat, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C, jahe, kunyit, nanas, dan rempah-rempah. Selain itu, lakukan pola hidup sehat dengan olahraga yang teratur, melakukan yoga atau relaksasi, dan mengurangi aktivitas fisik yang berat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PMS umumnya ditandai dengan tubuh yang lemas maupun sakit kepala

PMS Ganggu Aktivitas Anda? Begini Cara Mengatasinya

PMS sangat umum diderita oleh wanita 5 hingga 11 hari sebelum menstruasi. Jika PMS sampai mengganggu aktivitas, Anda bisa lakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya.