Telat haid, dan keluar flek darah merah, kenapa ya?

IB Info Penanya: IB, Wanita, 2019 Tahun
Selamat sore dok, saya mau tanya. Saya telat haid udah 4 hari, tadi pagi saya coba test pack hasilnya dua garis merah tp masih samar. Terus sore ini ada flek darah merah muda. Ini kenapa ya dok? Mohon bantuanyaaa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam IB.

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ.

Test pack adalah uji kehamilan yang mendeteksi hormon β-HCG yaitu hormon yang dihasilkan oleh jaringan trofoblast janin (Sel telur yang telah dibuahi) atau jaringan yang menyerupai trofoblast tersebut. Test pack positif adalah salah satu tanda mungkin terjadinya kehamilan. Namun bisa saja test pack hasilnya positif-palsu, dalam kasus ini hormon β-HCG meningkat, namun tidak terjadi kehamilan atau tidak ditemukan janin, seperti pada kasus kehamilan anggur. Begitu pula kebalikannya. Bisa saja test pack negatif, tapi ada kehamilan, atau disebut hasil yang negatif-palsu

Untuk memastikan kehamilan, diperlukan pemeriksaan USG. Dengan demikian hasil USG lah yang menjadi patokan apakah seorang wanita hamil atau tidak. Meskipun testpack cukup akurat untuk mendeteksi kehamilan, namun hasil testpack bisa saja merupakan hasil positif palsu. Hasil positif palsu dapat disebabkan oleh:

  • Pemeriksaan yang terlalu dini. Makin kecil usia kehamilan kadar hormon β-HCG yg dihasilkan tentu lebih rendah. Sehingga dapat dilakukan pengulangan pemeriksaan beberapa hari atau beberapa minggu kemudian untuk menunjukkan hasil yang lebih terpercaya. 
  • Waktu pemeriksaan yang terlalu lama (alat testpack terlalu lama direndam dalam urin). Tiap test pack biasanya menyantumkan waktu yang dibutuhkan masing masing alat untuk mendeteksi hormon dan memunculkan hasil positif atau negatif. Proses pemeriksaan yang terlalu singkat bisa juga menyebabkan false negative
  • Kualitas alat test pack dan kadar β-HCG yg dpt diukur oleh alat tersebut. Masing2 alat test pack memiliki kemampuan mengukur kadar hormon β-HCG yg berbeda-beda sehingga memiliki akurasi yang beragam.
  • Hamil kimia dan hamil anggur
  • pemakaian obat-obatan tertentu
  • adanya tumor yang menghasilkan hormon HcG

Sedangkan menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang dialami wanita usia reproduksi. Normal nya menstruasi terjadi selama 7-9 hari, darah yang dikeluarkan sekitar 5-80ml perhari, dan dengan siklus menstruasi setiap 21-40 hari. 

Meskipun menstruasi biasanya teratur, terkadang bisa melewati tanggal tangal menstruasi yang biasanya. Selama masih masuk dalam kriteria normal (siklus menstruasi setiap 21-45 hari) tersebut tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Namun apabila terdapat variasi dari salah satu komponen menstruasi normal tersebut, maka perlu menjadi perhatian, misalnya: saat siklus menstruasi terjadi perdarahan yang banyak sekali sehingga harus mengganti pembalut setiap jam; menstruasi berlangsung lebih dari 9 hari; keluar darah menstruasi di luar siklus haid; atau bahkan keluar darah dari rahim lebih dari 9 hari disertai perdarahan yang banyak.

Apabila Anda khawatir dengan keluhan Anda, disarankan agar memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung sesuai keluhan Anda. Dokter mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, USG, dan lain lain. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Jika Anda mengalami kondisi seperti

  • Keluhan Nyeri perut dirasakan berat (hingga pingsan/lemas) dan disertai keluar darah dari jalan lahir yang banyak
  • Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya Pradana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, namun terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.