Telat haid dan 2 hari pendarahan apa kah itu tanda hamil?.

R Info Penanya: R
Hallo Dok, nama saya siti, umur 19 tahun dan sudah menikah di sini saya telah melakukan hubungan intim dgn suami saya,setelah saya melakukan hubungan intim tersebut saya telat datang haid nya.lalu tidak berapa lama sekitar satu atau dua minggu kemudian saya pendarahan 2 hari pada saat malam dan siang, dan warna darah yg saya keluarkan itu berwarna merah muda.di sini saya ingin bertanya kepada dokter apakah pendarahan yg saya alami selama 2 hari itu tanda hamil atau datang nya haid dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Darah implantasi adalah darah yang keluar sebagai proses penempelan janin ke dalam rahim yang biasanya terjadi pada hari ke 6-12 setelah berhubungan seksual. Darah yang keluar biasanya berwarna merah muda atau kecokelatan, dengan durasi beberapa jam hingga maksimal 3 hari, serta tidak bergumpal.

Yang perlu diperhatikan adalah kapan harusnya jadwal haid Anda? Dari kronologi yang Anda ceritakan maka masih ada kemungkinan terjadi kehamilan karena terjadi 1-2 minggu setelah berhubungan seksual. Namun bisa juga darah tersebut adalah darah haid karena siklus haid bisa saja maju lebih cepat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah lakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid, dan tetap jalankan pola hidup sehat selama menunggu waktu tes pack.

Pola hidup yang dapat Anda jalankan berupa:

  • Cukup istirahat dan jangan bergadang. Karena bergadang tanpa disadari akan merusak jam biologis tubuh dan mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Jangan stres.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda kurang yakin dengan hasil tes packnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

Kondisi Ini Sering Muncul Saat Hamil Trimester Pertama

Hamil trimester pertama tak jarang disertai dengan berbagai kondisi medis tertentu. Mulai dari pendarahan vagina, hingga sakit kaki atau betis bisa terjadi.