Apa saja penyebab terlambat haid?

KK Info Penanya: KK, Wanita, 18 Tahun
Selama bulan maret saya tidak haid, sebelumnya awal maret saya melakukan hubungan. Masuk bulan april tgl 7 8 keluar bercak darah dan kadang berwarna coklat, sampai sekarang pun saya belum haid juga. Itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KK.

Haid atau menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar dalam bentuk darah melalui liang vagina. Tiap-tiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda, normalnya 21-35 hari. Lama haid juga bervariasi bagi setiap wanita, biasanya 3-8 hari. Normalnya, siklus dan lama haid akan sama setiap bulannya. Namun, ada kondisi tertentu yang menyebabkan hormon seorang wanita berubah dan mengakibatkan terlambat haid.

Penyebab terlambat haid di antaranya:

  • Kehamilan. Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, embrio yang terbentuk akan melakukan implantasi di dinding rahim, sehingga dinding rahim tidak luruh.
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti pil, suntik, atau implan
  • Sindrom polikistik ovarium
  • Penyakit lainnya yang memengaruhi hormon, seperti obesitas atau masalah tiroid
  • Stres yang berlebihan
  • Pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi junk food atau sering begadang

Apabila Anda mengalami terlambat haid dan sudah aktif secara seksual, sebaiknya Anda mencoba untuk melakukan tes kehamilan dengan test pack terlebih dahulu. Bercak darah yang Anda alami bisa saja merupakan tanda implantasi. Nah, jika hasil test pack Anda dua garis artinya positif hamil, sedangkan jika satu garis, kemungkinan ada penyebab lain. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jangan lupa untuk selalu makan yang bergizi, perbanyak asupan buah dan sayur, dan konsumsi protein yang cukup. Tidur teratur, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik juga penting, agar hormon selalu seimbang dan siklus haid menjadi teratur.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan olahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.