Telat haid apakah hamil?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau tanya terakhir saya berhubungan dgn suami saya kn tgl 10 maret trus saya mens tgl 25 maret dan 17 april tapi smpe skrng blm haid kmbali apakah hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Telat haid merupakan suatu kondisi yang sering dialami oleh setiap wanita. Normalnya, siklus haid wanita setiap 28 hari dan atau 21-35 hari. Tetapi, ada juga yang kurang dari 21 hari dan lebih dari 35 hari. 

Terkadang kondisi telat haid sering dikaitkan dengan kehamilan. Padahal sebenarnya, belum tentu karena hamil. Bisa jadi karena faktor-faktor yang lain.

Penyebab telat haid

Untuk itu, ada beberapa faktor penyebab telat haid yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

  • Faktor stres.
  • Berat tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk.
  • Pola makan yang buruk.
  • Pengunaan KB.
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, dll.

Terkait dengan kondisi Anda ini, kemungkinan penyebab Anda telat haid bukan karena kehamilan. Alasannya adalah karena Anda terakhir kali berhubungan badan suami di tanggal 10 Maret 2020 dan di tanggal 25 Maret dan 17 April Anda menstruasi. Jadi, tidak mungkin terjadi pembuahan. Kecuali jika Anda ada melakukan hubungan badan setelah tanggal 17 April hingga bulan ini, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat besar. 

Untuk mengatasi haid yang terlambat, Anda dapat melakukan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, rutin berolahraga, melakukan yoga, dan mengkonsumsi jahe, kunyit, dan nanas.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.