Apa tanda-tanda dari hamil?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 22 Tahun
Dok sya mau tanya, saya sudah telat haid selama 4hari dan perut bawah pun terasa sakit seperti mau keluar darah haid. Tetapi tidk ada darah yg keluar? Apakah bisa dikatakan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ada beberapa tanda atau perubahan saat wanita hamil :

  1. Terlambat haid
    Setelah implantasi, tubuh Anda akan melepaskan hormon HCG yang bertugas menjaga kehamilan. Hormon ini jugalah yang memberitahu indung telur untuk berhenti memproduksi sel telur baru ketika Anda hamil. Oleh karenanya, tidak ada sel telur yang luruh menjadi darah haid.
  2. Perubahan payudara
    Minggu pertama kehamilan, payudara akan tampak lebih besar, berat, padat, dan keras dari biasanya. Payudara juga mungkin terasa lebih sensitif dan nyeri. Bagian areola juga menghitam karena hormon kehamilan
  3. Mual dan muntah
  4. Kram perut
  5. Mudah lemas dan lelah
  6. Sering kencing

Konsumsi makanan yang bernutrisi seperti buah dan sayur, makanan tinggi protein seperti telur daging dan ikan, konsumsi air putih minimal 2 liter / hari. Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti diatas sebaiknya lakukan testpack terlebih dahulu. Jika positif Anda bisa lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan elektrolit saat hamil muda dapat menyebabkan mual dan muntah

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Saat hamil muda, berbagai permasalahan yang dapat muncul adalah perdarahan dan gatal di vagina, mual dan muntah, demam tinggi, sakit saat kencing, hingga sakit kepala.