Testpack negatif, mungkin hamil tidak?

FW Info Penanya: FW, Wanita
Selamat malam dok,Saya ingin tanya, sudah terlambat haid 8hari. Kemudian mengalami gejala tanda awal kehamilan mual muntah, mudah lelah pdhl aktifitas tidak berat, pusing, nyeri punggung dan ukuran payudara berubah walau ngga sakit.. tapi setelah dicek mandiri dg testpack hasilnya negatif. Mohon bantuannya dok...Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FW.

Testpack adalah metode paling mudah untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada urine. Apabila hormon hCG terdeteksi, maka pada testpack akan timbul dua garis yang berarti positif hamil, sedangkan jika tidak terdeteksi maka hanya timbul satu garis.

Ketika seseorang terlambat haid, testpack sudah bisa dilakukan. Namun, memang ada kondisi ketika seseorang positif hamil tetapi hormon kehamilan belum meningkat, sehingga pada testpack masih negatif. Kemungkinan ini bisa saja dialami oleh Anda, atau bisa juga Anda menggunakan testpack dengan cara yang kurang tepat. 

Tetapi, Anda juga perlu mengetahui, selain hamil, terlambat haid bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya. Misalnya, PCOS, berat badan yang naik atau turun secara drastis, penggunaan obat tertentu, gangguan tiroid, atau pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengulang testpack Anda satu minggu lagi. Apabila masih negatif, berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar bisa dilakukan USG dan mengetahui penyebab pasti terlambat haid Anda.

Hamil ataupun tidak, selalulah lakukan pola hidup sehat. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup. Tidur teratur dan tidak begadang, serta mengelola stres dengan baik. 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda hamil kosong

Kenali Tanda-tanda Hamil Kosong yang Pernah Dialami Sandra Dewi

Hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak membelah dan membentuk embrio. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan kromosom, yang terjadi saat pembuahan sel telur.