27 May 2021, 10:59Kandungan

Telat haid 8 hari tapi testpack negatif

SF
Info Penanya: SF0
Dok saya telat haid 8 hari, Tapi tadi pagi keluar bercak coklat, payudara nyeri dan sakit punggung serta sering kelelahan tapi sudah di testpack tadi siang dan hasilnya negatif, kenapa ya dok?
70 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari dengan durasi perdarahan rata-rata selama 3-7 hari sehingga jika haid Anda terlambat 8 hari namun masih dalam batas siklus 35hari artinya keluhan ini masih dianggap siklus haid normal. Terlambat haid dapat disebabkan hormon tubuh yang tidak seimbang dan penyebabnya dapat beragam mulai dari kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, konsumsi obat tertentu, memiliki penyakit tiroid, perubahan berat badan yang drastis atau sedang dalam masa pubertas dan pra-menopause.

Gejala PMS mirip gejala hamil

Keluhan bercak coklat, nyeri payudara dan punggung, serta kelelahan dapat terjadi karena merupakan gejala dari pra menstrual sindrom (PMS) sehingga jika sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif, artinya Anda tidak hamil. Namun, jika Anda ragu apakah hasil tes benar-benar akurat atau  tidak, Anda dapat mengulangi tes satu minggu setelah tes sebelumnya jika haid belum juga terjadi. Apabila tes kedua negatif, Anda dapat yakin bahwa saat ini yang Anda alami hanya gangguan hormon saja bukan kehamilan. Jika tidak yakin dengan ke-akuratan tes mandiri, Anda juga boleh melakukan tes di pusat pelayanan kesehatan agar hasilnya lebih meyakinkan.Untuk melancarkan haid, lakukan olahraga rutin. Jika dalam 3 bulan Anda belum juga haid, lakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil