29 Mar 2021, 22:59Kandungan

Berhubungan seks mengunakan kondom, apakah bisa hamil?

IS
Info Penanya: IS, Wanita0
Hallo dok. Saya ingin bertanya. Berapa persen angka kehamilan jika berhubungan badan pada saat masa subur (ovulasi). Tapi pada saat itu kami menggunakan Alat kontrasepsi (kondom) dan Ejakulasi di luar dan jauh dari Miss V. Tapi sekarang saya tidak kunjung Haid dok, Tanggal saya haid biasanya tgl 24 dan ini sudah lewat-+7 hari (tgl 30), apakah saya hamil dok?
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, NTerima kasih atas pertayaan AndaMelakukan hubungan seksual ketika Anda sedang dalam masa subur dengan pria berejakulasi di dalam vagina wanita berpeluang besar untuk terjadi kehamilan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan ejakulasi di dalam vagina saat wanita sedang dalam masa suburnya memudakan bertemunya sperma dengan sel telur untuk terjadi proses pembuahan. Meskipun demikian melakukan hubungan seksual diluar masa subur juga bisa terjadi kehamilan namun, peluangnya tidak sebesar saat sedang dalam masa subur.Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika saat berhubungan seksual sudah menggunakan kondom dengan benar serta dipastikan tidak ada satupun sel sperma masuk ke dalam vagina, maka tidak menyebabkan kehamilan. Namun, bila tidak yakin akan ada atau tidaknya sperma yang berhasil masuk, maka ada peluang sangat kecil untuk terjadi kehamilan. Sehingga, bila siklus haid Anda terlambat alangkah baiknya lakukan tes kehamilan untuk lebih memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Secara normal siklus haid wanita berksiar 21 - 35 hari.

Selain hamil, penyebab wanita terlambat haid bisa karena:

  • Cemas, stres, atau emsoi tidak stabik
  • Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh
  • PCOS
  • Efek samping KB
  • Kelelahan
  • Obesitas
  • Penyakit pada organ reproduksi
Jika hasil tes kehamilan negatif, maka penyebab terlambat haid yang terjadi bisa karena faktor yang sudah disampaikan di atas. Tetap konsumsi makanan bergizi, atasi stres, hindari kelelahan, jaga berat badan ideal, dan olahraga ringan dengan rutin supaya siklus haid kembali lancar. Jika belum juga membaik, periksa ke dokter spesialis kandungan terdekat. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekssekshubungan seksualhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil