17 Jun 2020, 15:04Kandungan

Seperti apa siklus haid yang normal?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Saya A, 22 tahun. Siklus haid saya selalu tepat. Bulan ini saya telat haid 5 hari, yang kemudian keluar gumpalan2 darah merah dan gelap selama 3 hari secara deras (namun hanya gumpalan2, bukan darah mengalir seperti biasanya). 2 hari kemudian darah benar2 berhenti dan bersih (sebelumnya netes dikit2). 2 hari kemudian keluar cairan kental bercampur darah merah muda. Apakah ini normal? Karena di hari ke 5 setelah telat haid saya testpack, hasilnya -. Terima kasih.
16425 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan Anda. Siklus haid yang normal dialami oleh wanita adalah 21 hingga 35 hari dengan rerata wanita memiliki siklus haid 28 hari. Untuk mengetahui siklusnya, cara menghitung siklus haid ini dimulai dari hari pertama haid pada periode ini hingga hari pertama haid pada periode selanjutnya. Lamanya haid, wanita dikatakan normal yaitu 2-14 hari. Namun, rata-rata wanita mengalami haid selama 3-7 hari.Darah yang keluar saat perdarahan haid pun beragam, mulai dari bercak (flek), cair, cair yang kekentalan, atau bahkan berupa gumpalan. Begitupula dengan warnanya, bisa berupa kemerahan, merah kecokelatan, coklat atau bahkan  merah kehitaman, dan juga hitam. Siklus haid bisa terjadi pada wanita salah satunya membutuhkan peran hormon kewanitaan. Selain karena kehamilan terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Adapun kondisi tersebut yaitu:

Terlambatnya haid yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh salah satu sebab di atas. Saran yang dapat Anda lakukan yaitu tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah- buahan, hindari stres dan kelelahan, lakukan olahraga agar badan sehat, dan juga jaga kebersihan area kewanitaan, kebersihan diri seta kebersihan lingkungan. Bila telah melakukan tes kehamilan, namun hasilnya negatif dan Anda ragu. Anda bisa melakukan tes ulang dengan jeda 1 minggu kemudian atau dengan memeriksakan diri ke dokter sepsialis kandungan terdekat untuk mengetahui penyebab haid yang tidak teratur. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil