15 Jan 2021, 22:44Kandungan

Kenapa USG tidak hamil?

AL
Info Penanya: AL0
Hallo dok, saya berterimakasih sekali jika pertanyaan saya dijawab , Saya sering telat2 haid bahkan bisa 2 bulan sekali atau 3 bln sekali, tapi say sudah USG dan kondisinya baik2 saja, hnya sja sya terlalu lelah dan stres , dan di tahun ke3 pernikhan saya telat haid 3 bln, lalu mendadak saya coba tes dan hasil nya positif tapi perkiraan bidan saya bru hamil 1/2mingu , lalu sya disarankan usg agar tau hadil lebih akurat, tpi stelah usg kta dokter kantung rahim sya msih blom terlihat tanda² hamil
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AL,Kehamilan tentu didambakan bagi pasangan yang sudah lama menikah. Dan adanya siklus haid yang tidak teratur ini tentu akan mempengaruhi kemungkinan Anda untuk hamil.Perihal tes pack Anda yang positif namun pada hasil USG belum ditemukan adanya kantong kehamilan maka yang perlu dipertanyakan adalah apakah tes pack yang Anda lakukan sudah benar caranya? Apakah tes pack menunjukkan hasil 2 garis yang warnanya sama? Karena bila muncul 2 garis namun salah satunya warnanya samar atau lebih muda maka tidak bisa sepenuhnya dianggap sedang hamil karena bisa saja terjadi kesalahan.

Yang menyebabkan hasil tes pack bisa 2 garis namun ada garis yang samar adalah:

  • Pemeriksaan dilakukan terlalu cepat sehingga hormon kehamilan di dalam urin belum banyak. Hal ini sulit diprediksi bila siklus haid Anda tidak teratur, sehingga Anda bingung menentukan kapan harus tes pack. Karena idealnya tes pack dilakukan kalau sudah 1 minggu terlambat haid.
  • Pembacaan dilakukan terlalu lama, sehingga urin menguap dan memberi gambaran seolah-olah ada garis dan dikira sedang hamil.
Sebaiknya tunggu waktu 2-3 minggu kemudian dan lakukan tes pack ulang atau USG ulang. Bila hasilnya sampai negatif atau tidak hamil, maka lakukan pola hidup sehat, jangan kelelahan dan jangan stres agar tidak mempengaruhi keseimbangan hormon-hormon Anda. Mungkin nantinya dokter kandungan juga akan meresepkan terapi hormon agar siklus haid Anda menjadi teratur dan lebih besar kemungkinan untuk terjadinya kehamilan.Salam sehat,dr. Vina
hamilgangguan menstruasitest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil