Telat haid 4 hari apakah sudah menunjukan tanda hamil?

RS Info Penanya: RS, Wanita, 25 Tahun
saya usia 25thn sudah telat mens 4 hari,belum saya test pck,apa itu sudah menunjukkan tanda2 hamil,karena sebelum ny udh mual2?pada usia berapa sudah menunjukkan kehamilan?seperti perut sudah kelihatan besar
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RS

Terimakasih sudah bertanya di aplikasi SehatQ

Selain telat menstruasi, tanda-tanda awal kehamilan lainnya terdiri dari tanda kehamilan tidak pasti dan pasti.

Tanda kehamilan tidak pasti yang dialami tiap individu dapat berbeda-beda, diantaranya :

  • Pembesaran dan nyeri pada payudara
  • Mual dengan atau disertai muntah
  • Perasaan mudah lelah
  • Daerah sekitar puting susu menghitam
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim. Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Tanda pasti hamil :

  • Terasa bagian janin serta gerak janin pada saat perabaan
  • Terdengar bunyi jantung janin saat dilakukan pemeriksaan
  • Terlihat gambaran janin saat melakukan pemeriksaan USG

Pemeriksaan awal kehamilan menggunakan tes pack dapat dilakukan setelah anda mengalami telat haid 1-2 minggu. Keakuratan penggunaan tes pack mencapai 98%, sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur agar lebih akurat. Perut akan terlihat membesar pada saat usia kehamilan memasuki 16-20 minggu.

Semoga bermanfaat

Salam sehat,

dr. Anugerah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh IF
05 Apr 2020, 18:06
Saya telat 3 hari tapi tidak merasakan tanda2 kehamilan diatas apa ada kemungkinan saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Apr 2020, 15:12
Selamat siang, IF.
Tanda awal kehamilan umumnya memang didahului oleh keterlambatan haid. Namun hal tersebut tidaklah mutlak karena masih terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan haid. Selain itu, 3 hari masih merupakan hal yang wajar terjadi pada keadaan ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh faktor sementara seperti kelelahan, stres, dll. Jika haid tidak kunjung datang, Anda dapat melakukan pemeriksaan testpack untuk mengarahkan kemungkinan kehamilan.
Salam sehat
Dibalas oleh YW
29 Apr 2020, 13:36
Saya telat haid udah 4 hari, tapi saya udah merasakan mual"..Apakah kemungkinan hamil?..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Apr 2020, 11:15
Siang YW,
Terlambat menstruasi 4 hari tidak selalu karena hamil. Tapi jika sebelumnya ada hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi maka bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan alat testpack. Perhatikan juga tanda-tanda kehamilan lain yang bisa timbul.
Salam sehat
Dibalas oleh AP
07 May 2020, 08:03
Hallo dok Selamat pagiHari ini saya sudah telat haid 4hari dan merasakan enek saat nyium bau yang gak enakditambah lagi keram bagian perut bawah dan payudara saya terasa sakit . apakah saya lagi hamil? atau ini waktu yang tepat buat tes pake tespack?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
07 May 2020, 14:10
Hallo AP.
Untuk melakukan test pack pertama sebaiknya tunggu 1 minggu keterlambatan haid, jika hasil masih negatif Anda dapat mengulangi kembali 1 minggu setelahnya. Perlu Anda ketahui bahwa telat haid tidak hanya karena kehamilan jadi bisa saja karena stres, gangguan hormon, perubahan berat badan yg drastis, atau karena penyakit kandungan lain. Jika sampai 3 bulan Anda tidak haid juga segera ke dokter spesialis kandungan ya.
Salam sehat.
Dibalas oleh A
30 May 2020, 23:00
Saya telat mens hampir 1 bulan , tp dlm seks slalu di buang di luar , apakah bisa hamil dlm hal tersebut atau memg keterlambatan karna faktor' tsb ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
31 May 2020, 15:43
Selamat siang A,
Ejakulasi di luar juga bisa membuat hamil, karena ketika ereksi penis mengeluarkan cairan pre ejakulasi yang juga mengandung sperma. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan testpack untuk memastikan. Terima kasih.
Dibalas oleh NF
12 Jun 2020, 07:08
Saya tespack negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Jun 2020, 14:15
Selamat siang NF,
Tes pack idealnya dilakukan bila sudah 1 minggu terlambat haid. Dan bila hasilnya negatif dan tidak yakin maka bisa dites ulang jarak 1 minggu sejak tes pack yang pertama.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh AS
27 Jun 2020, 00:08
Dok kenapa saya sring tlat Haidn bahkan pernah sampai 1thun saya nga Haid,,,Lalu bru bulan mei kmarin saya Haid tpi skrang udh tlat 4hrii???
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemeriksaan USG perlu dilakukan untuk memantau perkembangan bayi dalam kandungan

Mendeteksi Kehamilan Hingga Prediksi HPL, Ini 7 Manfaat USG

Setiap kali berkunjung ke dokter kandungan, ibu hamil akan menjalani USG. Tak hanya memastikan kehamilan, manfaat USG juga memberi banyak informasi penting kepada calon orangtua.