23 Jul 2021, 08:59Kandungan

Bagaiman cara menghitung usia kehamilan?

AR
Info Penanya: AR0
Selamat pagi dok saya terhair haid tgl 5 juni dan sampai 5 juli saya blum datang haid jg di tes positif kira" udah berapah kah dok usia kandungan saya?
293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaan AndaHamil terjadi salama kurang lebih 40 minggu. dengan mengetahui usia kehamilan, ibu hamil bisa memprediksikan kapan hari perkiraan lahir calon bayinya. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kehamilan.

Beriktu ini adalah beberapa cara yang bsia dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan:

  • Metode perhitungan HPHT (hari pertama haid terakhir)
    Metode ini dihitung berdasarkan hari pertama haid terahir ibu hamil. Perhitungan dengan cara ini bis aidlakukan secara manual, dan lebih tepat jika siklus haid berkisar 28 hari
  • Menggunakan USG kandungan
    Dengan menggunakan USG kandungan usia kehamilan diketahui berdasarkan ukruan janin dalam kandungan. Selain mengetahui usia kandunga, USG kandungan juga bisa memprediksi jenis kelamin janin, hingga mendeteksi dini cacat janin
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan perlu diketahui Hari pertama haid terahir, bukan hari terakhir haidnya. Apabila 5 Juni 2021 adalah hari pertama haid terakhir Anda maka perkiraan usia kehamilan Anda pada hari ini 23/Juli 2021 berkisar 6 minggu. Pastikan Anda konsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil, hindair kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsi sayur dan buah dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil