Telat haid 3 hari, berhubungan bulan maret tapi april sempat haid, apakah bisa hamil ?

DS Info Penanya: DS
Dok, saya telat haid 3-5harian bulan mei ini...padahal saya terakhir berhungan intim bulan maret dan kluar diluar vagina, sedangkan saya dibulan april mendapat haid apakah bisa dikatan hamil ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DS.

Telat haid merupakan ciri-ciri kehamilan yang tidak pasti, terkait masih banyaknya faktor lain yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Faktor-faktor tersebut membuat hormon pengatur siklus menstruasi tidak seimbang dan mengakibatkan terjadinya gangguan haid.

Berikut faktor-faktor yang dapat mengakibatkan gangguan siklus menstruasi tersebut, antara lainnya ialah :

  • kelelahan
  • stres
  • tubuh dengan berat badan yang berlebih atau kekurangan
  • konsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB
  • pola makan yang tidak sehat  
  • olah raga berlebih seperti dalam program latihan atlet
  • kondisi medis tertentu seperti kehamilan dan yang lainnya
  • penyakit tertentu seperti PCOS (sindroma polikistik ovarium) dan gangguan hormon tiroid

Mengenai keluhan yang Anda alami, pada dasarnya ejakulasi yang terjadi di luar vagina tidak dapat 100% persen menghindarkan kehamilan karena sperma masih dapat terkandung di dalam cairan pra ejakulasi yang tidak dapat diketahui ataupun dikontrol pengeluarannya. Kendati demikian, jika hubungan tidak dilakukan lagi setelah bulan maret dan bulan april sudah haid maka kemungkinan kehamilan menjadi sangat kecil hingga tidak ada.

Untuk sementara kemungkinan penyebab keterlambatan haid pada Anda mungkin berupa salah satu faktor yang dipaparkan diatas. Akan tetapi, jika Anda merasa khawatir, Anda dapat melakukan test pack untuk memastikan. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebenarnya aman bagi ibu hamil naik pesawat asalkan kehamilannya sehat

Aturan Ibu Hamil Naik Pesawat, Ini Penjelasannya

Ketika hamil, ibu mungkin ingin berlibur atau memiliki urusan yang mengharuskannya naik pesawat. Ketahui aturan ibu hamil naik pesawat agar tidak keliru.