25 Mar 2021, 20:33Kandungan

Apa yang menyebabkan telat haid namun test pack negatif ?

IH
Info Penanya: IH0
Malam dok, saya sudah telat haid 3 minggu tapi test pack masih negatif. Dan sempat waktu telat 1 minggu keluar darah sedikit. Waktu telat 2 minggu saya cek usg, kata dokternya belum terlihat ada janin. Saya hanya dikasih vitamin saja dan disuruh cek usg lagi 2 minggu lagi. Namun saat minggu ketiga telat haid ini saat setelah perjalanan pulang perut saya sedikit nyeri seperti nyeri haid, saya cek ternyata keluar darah lagi lumayan banyak. Itu kenapa ya dok? Saya khawatir kenapa2.
170 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, I.Saat wanita telat datang bulan terlebih diikuti perdarahan yang berulang membuat rasa cemas, binggung, dan khawatir. Penyebab telat datang bulan bisa karena proses kehamilan yang dialami dimana hormon HCG menghentikan ovulasi yang membuat menstruasi juga tidak datang. Namun tidak semua penyebab telat datang bulan karena kehamilan, banyak faktor lain yang mempengaruhi.

Apa yang menyebabkan telat haid namun test pack negatif ?

Pemeriksaan urin yang Anda lakukan dimana hasil test pack negatif bisa merupakan kehamilan namun kadar hormon HCG belum terlalu signifikan dan sedikit di urin sehingga test pack perlu diulang begitu pula dengan pemeriksaan USG yang terlalu awal membuat kantung janin belum terlihat. Anda dapat melakukan USG setelah usia kandungan di atas 6 minggu secara transvaginal agar janin terlihat lebih jelas. Selain karena proses kehamilan, keluhan telat haid yang Anda alami disertai perdarahan dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut antara lain :
  • Keguguran yang sedang berlangsung.
  • Gangguan siklus haid.
  • Penggunaan IUD dan KB hormon.
  • Gejala premenstrual synndrome.
  • Infeksi rahim dan serviks.

Apa yang harus saat telat haid dan perdarahan ?

Yang harus Anda lakukan saat telat haid dan perdarahan antara lain :
  • Jangan cemas, hindari aktifias berat.
  • Hindari berhubungan intim.
  • Makan makanan tinggi zat besi dan asam folat. 
  • Jalani hidup sehat.
Jika perdarahan masih berlangsung disertai nyeri perut hebat, segera konsultasi ke dokter kandungan.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil