Telat haid 3 minggu, test pack negatif, apakah karena penyakit ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Dok saya telat haid selama 3 minggu, tapi pas di tespack hasilnya negatif terus. Nah sekarang nih payudara saya lagi sakit semuanya, biasanya sih kalo udh sakit gini pasti deket mau haid. Terus saya kan berat badannya emng agak naik nih semenjak bulan puasa kemarin, itu gmna ya dok? Saya takut kiata atau apalah itu penyakit lainnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Telat haid merupakan keluhan yang umumnya berhubungan dengan gangguan pada keseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi di dalam tubuh wanita. Berbagai faktor-faktor dan kondisi medis seperti kehamilan dapat menjadi pemicunya,

Adapun faktor-faktor lainnya yang meliputi :

  • kegemukan ataupun terlalu kurus
  • pola makan tidak sehat
  • kelelahan
  • terlalu banyak berolahraga seperti atlet atau sangat kurang berolah raga 
  • keadaan psikologis yang labil seperti stres dan lain-lainnya
  • konsumsi dan penggunaan obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium, ganguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keluhan telat haid Anda yang berlangsung selama 3 minggu, jika sudah melakukan test pack berulang dalam selang waktu satu minggu dan tetap negatif maka mungkin terjadi akibat salah satu faktor pemicu yang telah dipaparkan diatas. Salah satu keadaan yang mungkin berhubugan adalah peningkatan berat badan yang dapat mengganggu keseibangan hormon pengatur siklus haid. Sedangkan nyeri pada payudara yang terjadi mungkin berupa sindroma pramenstrual.

Untuk sementara Anda dapat mulai melakukan olah raga secara rutin, mengonsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis untuk membantu melancarkan haid Anda.

Apabila haid tidak kunjung datang hingga melebihi dua siklus, ada baiknya diperiksakan kepada dokter Kandungan, karena jika keluhan berkelanjutan, mungkin faktor penyebabnya adalah kondisi medis atau penyakit tertentu yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksinya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.