Telat haid 3 bulan, apa penyebabnya?

AK Info Penanya: AK, Wanita
Dok saya telat haid 3 bulan kenapa ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AK 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Telat haid 3 bulan, perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kandungan. Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan test pack? Bila tidak aktif secara seksual, berapa usia Anda? Apakah sebelumnya haid Anda teratur?

Selain kehamilan beberapa faktor gaya hidup seperti berat badan dan olahraga bisa mempengaruhi menstruasi. Selain itu akibat tidak seimbangnya hormon atau gangguan pada organ reproduksi seperti di indung telur (ovarium) atau salurannya (tuba falopii).

Penyebab alami tidak terjadi menstruasi adalah kehamilan, menyusui dan menopause. Faktor gaya hidup adalah olahraga berlebihan dan stres. Kadar lemak tubuh terlalu sedikit atau terlalu banyak. Gangguan hormonal seperti tiroid, estrogen rendah atau testosterone tinggi. Kelainan genetik, obat-obatan, kemoterapi, atau kontrasepsi.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Obgyn untuk pemeriksaan USG dan laboratorium agar bisa mendiagnosa penyebab keluhan Anda. Saya lampirkan artikel mengenai penyebab terlambat menstruasi selain kehamilan yang bisa Anda baca.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.