Telat haid 2 bulan

KP Info Penanya: KP, Wanita, 14 Tahun
Dok saya mau nanya, saya sudah telat haid 2bln, karena saya sedang diet, tinggi saya seratus enam dua berat badan saya lima puluh, apa itu berpengaruh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KP,

Terlambat haid adalah ketika siklus menstruasi lebih dari 35 hari atau lebih lambat dari siklus biasanya. Penyebab terlambat menstruasi sendiri cukup beragam, salah satunya bisa karena masalah hormonal. Apabila sedang diet dan penurunan berat badan cukup drastis, kondisi ini juga bisa membuat ketidak seimbangan hormon dan membuat siklus menstruasi terganggu.

Apabila sedang diet perlu membuat target penurunan berat badan dan upayakan penurunan berat badan tidak drastis. Upayakan penurunan berat badan 0,5-1 kg saja perminggunya. Jika lebih dari itu bisa berisiko menimbulkan perubahan pada metabolisme tubuh dan juga hormonal tubuh.

Jika tinggi saat ini 162 cm dan berat 50 kg maka indeks massa tubuhnya adalah 19,05 dimana sudah ideal. Jika turun dibawah 50 kilo bisa menyebabkan IMT kurang dari normal dan terlalu kurus. Jika terlalu kurus bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan lain.

Upayakan bisa menjaga berat badan ideal, jika tinggi 162 cm maka berat ideal adalah antara 50-60 kg. Apalagi saat ini sedang masa pertumbuhan, hindari diet terlalu ketat karena bisa berpengaruh juga pada performa belajar dan konsentrasi. Ceritakan pada orang tua keluhan yang dialami agar bisa diperiksakan pada dokter terlebih jika terlambat haid terjadi lebih dari 3 bulan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diet yoyo dapat berdampak negatif pada tubuh

9 Alasan untuk Tidak Melakukan Diet Yoyo

Siklus kenaikan dan penurunan berat badan sering dilakukan oleh beberapa orang. Kebiasaan ini dikenal sebagai diet yoyo. Diet yoyo dilakukan ketika Anda ingin membentuk badan dengan menurunkan berat badan pada waktu tertentu saja. Namun, diet yoyo ternyata bukanlah kebiasaan yang baik karena diet ini berpotensi merusak kesehatan Anda.