Telat haid sekitar 2 minggu, lalu keluar darah, kenapa?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya saya kan telat haid sekitar 2 minggu tapi setelah itu keluar darah dari kemaluan warnanya merah gelap gitu tapi gejala yang saya rasakan lebih seperti haid, dan seingat saya, saya berhubungan sudah lebih satu bulan, mohon penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM.

Menstruasi atau haid adalah hal normal yang dialami wanita usia subur secara teratur. Biasanya, wanita akan mengalami haid setiap 28 hari (rata-rata) dengan rentang 21-35 hari, bervariasi setiap wanita. Jika haid tidak normal atau datang terlambat, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kehamilan, penggunaan kontrasepsi hormonal, pola makan yang kurang sehat, gangguan tiroid, PCOS, sampai stres yang berlebihan.

Terkait keluhan yang Anda alami, keluar darah dari kemaluan berwarna merah gelap bisa saja haid yang datang terlambat. Tetapi, jika Anda sudah menikah atau aktif berhubungan seks, tidak menutup kemungkinan darah tersebut merupakan keguguran dan Anda mengalami kehamilan saat terlambat haid tersebut.

Anda dapat mencoba untuk melakukan testpack terlebih dahulu. Biasanya, jika masih ada sisa jaringan di dalam rahim maka hasilnya masih positif. Atau untuk lebih pasti, berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan USG. Dokter akan memeriksa rahim Anda dan memberikan terapi yang tepat. 

Ke depannya, semoga Anda senantiasa melakukan pola hidup sehat untuk menjaga agar hormon kewanitaan tetap seimbang agar hormon tetap stabil dan haid teratur. Konsumsi sayur, buah, dan cukup protein setiap hari, serta minum air putih yang cukup. Jangan lupa rutin berolahraga dan hindari stres ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flek saat hamil muda bisa menjadi pertanda gejala dari komplikasi kehamilan

Bumil Perlu Waspada, Inilah Penyebab Flek Saat Hamil Muda

Flek saat hamil muda adalah hal yang umum terjadi. Namun kondisi ini bisa merupakan gejala dari komplikasi kehamilan seperti pendarahan, iritasi, bahkan keguguran.