Telat haid 2 minggu disertai keputihan lalu keluar darah kecoklatan menggumpal, apa penyebabnya?

OB Info Penanya: OB, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau tanya . Saya telat haid 2minggu dok, di awal telat haid saya mengalami demam disertai flu, lalu kemudian disertai keputihan yang berhari2 dan terkadang berwarna bening . Setelah 2minggu perut saya keram doang selama sehari, besoknya waktu dimalam hari keluar darah kecoklatan yang lumayan banyak dok dan bergumpal disertai kepala pusing badan lemas dan perut masih keram lalu saya tes menggunakan tes pack hasilny negatif kenapa ya dok ? Terimakasih sblumnya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam OB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terlambat haid dalam beberapa hari sebenarnya merupakan suatu hal yang normal. Setiap indiviu memiliki siklus mestruais yang berbeda-beda tergantung kondisi fisik dan keadaan tubuhnya. Siklus menstruasi wanita normal berdurasi antara 21-35 hari setiap bulannya. 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambatnya menstruasi :

  • Terjadinya kehamilan
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan tiroid
  • Stres dan kelelahan fisik
  • Diet dan kelebihan berat badan
  • Gangguan penyakit reproduksi seperti PCOS, mim dan kista
  • dan lain lain

Keputihan juga sebenarnya hal yang normal, keputihan bisa terjadi saat wanita memasuki masa subur, akan menstruasi atau sedang hamil. Keputihan yang membutuhkan pengobatan atau penanganan khusus adalah keputihan yang berubah warna seperti coklat, hijau atau hitam. Berjumlah lebih banyak dan berbau tidak sedap. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan Anda tidak hamil, karena testpack yang Anda lakukan mendapatkan hasil negatif. terlambatnya haid Anda bisa karena faktor penyebab lainya seperti diatas.

Semoga bermnafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Lokia adalah keluarnya cairan dari vagina menyerupai keputihan setelah menjalani proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan pembalut khusus untuk masa nifas.