07 May 2021, 08:31Kandungan

Setelah petting telat haid, apakah hamil?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 20 Tahun
Dok saya dan pasangan melakukan petting hari jum'at dan saat hari sabtu pasangan saya merasakan kram perut dan sakit punggung.. Sekarang telat haid 2 hari apakah pertanda hamil? Dan saya sedang menunda kehamilan apakaha ada solusi dok?
283 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaannya.Petting adalah variasi seksual yang dilakukan sebelum melakukan hubungan intim pada suami istri.  Petting adalah aktivitas seksual dengan saling menggesekann atau menyentuh kelamin.  Semakin dekat petting dilakukan antar kelamin maka potensi kehamilan akan semakin meningkat. Haid merupakan peluruhan dari jaringan dinding rahim ketika sel telur tidak terbuahi sehingga akan dikeluarkan selama 2-7 hari dalam bentuk darah dan lendir.  Haid memiliki siklus normal 21-35 hari sekali dengan lama durasi 2-7 hari.  Bila tidak haid melewati 35 hari dari haid sebelumnya maka terjadi gangguan siklus haid.

Penyebab gangguan siklus haid :

  • Kelelahan dan kebiasaan begadang,
  • Stres dan cemas.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Gangguan di rahim.
  • Usia puber atau menopause.
  • Sindrom ovarium polikistik.
  • Gangguan pada hormon tiroid.
Kram perut dan nyeri punggung selain karena kehamilan juga dapat terjadi karena faktor penyakit lain sehingga  bukan tanda pasti kehamilan.  Memastikan kehamilan hanya dengan testpack dan USG.  Jadi pasangan anda tentu bisa lakukan testpack ketika telat haid lebih dari 10 hari dan dilanjutkan dengan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan guna memastikan apakah telat haid karena hamil atau faktor hormonal lain.  Jika tidak ada kehamilan, dokter kandungan akan menyarankan untuk penggunaan kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi pasangan anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil