31 Oct 2021, 16:15Kandungan

Terlambat haid 2 hari dan flek coklat, apakah hamil?

CM
Info Penanya: CM0
Bulan lalu saya haid tgl 26 september. Setelah berhubungan bulan ini tgl 26 saya telat haid 2 hari. Saya sudh melakukan tespek 2x hasilnya negatif, mungkin krna saya tes terlalu dini. Tgl 28 keluar flek coklat sampai 3 hari, dan hari ke 4 keluar lebih bnyk sperti haid. Wrnanya merah muda dan coklat. Saya merasakan nyeri payudara, mudah lelah, sering buang air kecil tengah malam, perut merasa membesar,dan saat melakukan aktivitas nafas sedikit engap dan cepat lelah. Apakah saya hamil ? Terima kasih
259 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, CTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid pada wanita dengan riwayat berhubungan seksual sebelumnya bisa terjadi karena kehamilan. tetapi, perlu diketahui bahwa terlambat haid ini bukanlah tanda pasti dari kehamilan. Karena, selain karena hamil, terlambat haid juga bisa terjadi karena beberapa kondisi lainnya. Idealnya siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita memiliki siklus haid 28 hari. 

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terlamba haid pada wanita:

  • Cemas, stres
  • Kelelahan fisik
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Efek pemakaian KB
  • Ketidak siembangan hormon, PCOS
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, normalnya haid terjadi 3 - 7 hari. Sedangkan perdarahan pada awal kehamilan (perdarahan implantasi) terjadi hanya beberapa jam saja dan paling lama 3 hari. Perdarahan haid bisa berupa flek, cair kekentalan ataupun berupa gumpalan. Sedangkan pada perdarahan implantasi hanya berupa flek atau bercak saja.Jika Anda curiga terjadi kehamilan dan sudah melakukan test pack hasilnya negatif, silakan lakukan test pack ulang dengan jeda 1 minggu kemudian untuk lebih memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Selain itu, perlu diketahui bahwa tanda pasti kehamilan adalah hasil test pack posiif, hasil pemeriksaan dokter dan hasil USG kehamilan. Tetap konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup dan jaga kebersihan area kewanitaan. Jika belum membaik lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan terdekat.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan terlambat haid dan flek di bawah ini:Terlambat haid dan flek, apakah hamil?Terlambat haid lalu keluar flek, apakah hamil?Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil