Telat haid 2 bulan disertai sakit perut, apakah tanda kehamilan ?

S Info Penanya: S
Hello, dok, saya mau tanya, saya terakhir haid tanggal 23 mai dan sempat berhubungan dgn suami saya tgl 31 mai, sampai bulan Juli saya belum haid juga tapi saya sudah melakukan test testpack selalu negatif, perut sering terasa sakit, itu tanda kehamilan atau apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S.

Telat haid adalah keadaan yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan kondisi medis. Kendati kerap kali diidentikan dengan kehamilan, telah haid bisa terjadi juga karena hormon pengatur siklus haid mengalami ketidakseimbangan akibat faktor lain.

Berikut berbagai faktor dan kondisi medis pemicu telat haid, antara lainya ialah :

  • obesitas atau status gigi kurang
  • kurang berolah raga atau terlalu berlebihan
  • pola makan tidak sehat dan gangguan pola makan tertentu
  • kelelahan
  • stres, cemas dan kondisi emosi yang tengah labil lainnya
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium, penyakit kelenjar tiroid dan lain-lainnya.

Mengenai keadaan telah haid 2 bulan pada Anda, jika sudah dilakukan test pack berulang tetapi hasilnya tetap negatif, maka mungkin dipicu oleh salah satu faktor yang telah dipaparkan diatas. Sedangkan keluhan sakit perut yang dirasakan masih mungkin berupa keadaan sindrom pra menstrual yang berkepanjangan karena haid yang tidak lancar pada Anda.

Untuk sementara Anda dapat melakukan cara alami terlebih dahulu, seperti berolah raga yoga, konsumsi air rebusan jahe, kunyit dan ekstrak tanaman adas. Namun jika siklus selanjutnya masih tidak kunjung haid, ada baiknya untuk diperiksakan secara langsung pada dokter Kandungan agar dapat diperiksa lebih lanjut dan ditangani sesuai dengan faktor penyebabnya.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.