Kenapa telat haid 2 bulan namun test pack negatif?

PN Info Penanya: PN, Wanita, 1 Tahun
Dok sy mau tanya sy sudah telat haid selama 2 bulan tetapi hasil tespeck selalu negatif... dan perut sy terasa penuh serta sesak gejala apakah ini kehamilan atau apa?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PN,

Siklus haid seorang wanita sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal, sehingga adanya stres, kelelahan, perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak (baik berupa penambahan berat badan atau penurunan berat badan), adanya PCOS, atau pemakaian KB akan mempengaruhi siklus haid dan durasi haid. Jadi tidak haid bukan berarti selalu dikarenakan oleh kehamilan.

Tes pack untuk deteksi kehamilan paling cepat dilakukan 7 hari setelah Anda terlambat haid, dan bisa diulangi 1 minggu kemudian bila hasil pemeriksaan yang pertama masih samar. Namun bila Anda sudah terlambat haid selama 2 bulan dan pada pemeriksaan tes pack terakhir masih negatif, artinya memang tidak sedang hamil. Namun perut penuh bisa disebabkan oleh faktor asam lambung atau adanya sembelit.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid Anda kembali normal adalah :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Minum banyak air putih, minimal 8 gelas setiap harinya.
  3. Lakukan olahraga secara teratur.
  4. Jangan begadang.
  5. Hindari stres, cari kegiatan yang menyenangkan.

Bila dalam 3 bulan berturut-turut tidak haid samasekali, maka lakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut agar bisa ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.