12 Nov 2021, 02:51Kandungan

Telat haid 2 bulan pas keluar darah hanya 3 hari, kenapa?

MV
Info Penanya: MV0
Saya ingin bertanya apakah telat haid 2 bulan kemudian pas keluar hanya 3 hari termasuk tanda kehamilan....? Tapi tidak ada gejala mual² dipagi hari.
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MTerima kasih atas pertanyaan AndaTelat haid bisa terjadi karena hamil, terutama apabila ada riwayat berhubungan seks sebelumnya. Selain hamil, telat haid juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang bisa mempengaruhi siklus haid wanita. Secara ideal siklus haid wanita dalah 21 - 35 hari dengan lamanya proses haid normal terjadi selama 3 - 7 hari. Perdarahan haid normal bisa berwarna merah terang, merag hgelap, kecoklatan atau kehitaman dengan konsistensi flek (bercak), cair kekentalan atau bahkan gumpalan.

Apakah haid 3 hari termasuk tanda kehamilan?

Pada awal kehamilan, saat calon janin menempel pada dinding rahim sering menyebabkan munculnya bercak perdarahan atau flek pada wanita, kondisi ini disebut dengan perdarahan implantasi. Perdarahan implantasi ini terjadi sekitar 6 - 12 hari setelah pembuahan. Berbeda dengan darah haid, darah implantasi hanya berupa bercak, tidak ada gumpalan, berwarna merah terang atau kecoklatan, dan hanya terjadi beberapa jam saja atau paling lama 72 jam (3 hari).

Perlu diketahui tanda pasti kehamilan adalah:

  • Hasil positif test kehamilan (test pack)
  • Hasil pemeriksaan yang dilakkan oleh dokter / dokter spesialis kndungan
  • Hasil pemeriksaan USG
Sehingga, terkait dengan apa yang Anda tanyakan keluarnya darah tersebtu belum tentu karena kehamilan, Jika Anda curiga terjadi kehamilan silakan lakukan test pack. Apabila hasilnya negatif, lakukan test pack ulang dengan jeda 1 minggu kemudian untuk lebih memastikan. Anda juga bisa melakkan pemeriskaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Selain karena hamil, telat haid dan haid tidak lancar bisa dipengaruhi oleh stres, kelelahn, berat badan tidak ideal, pengaruh KB, gangguan hormon, atau karena penyakit lainnya pada organ reproduksi wanita. Tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari kelelahan, terapkan gaya hidup bersih dan sehat, dan atasi stres dengan baik. Anda juga bisa membaca beberapa forum kami terkait telat haid dan keluar darah dibawah ini:Terlambat haid dan keluar darah, apakah hamil?Telat haid, keluar bercak merah terang, kenapa?Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil