Belum menikah tapi terlambat haid, apa penyebabnya?

CK Info Penanya: CK, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, saya umur 22 tahun, belum menikah, dan tidak berhubungan seks,Pada bulan juni haid saya tgl belasan, pada bulan juli haid saya tgl 25 dan berakhir tgl 3 agustus, memang siklus saya sering maju mundur, tapi sampai saat ini tgl 31 agustus, saya belum juga haid bulan agustus.Sekira nya ada apa ya dok?Mohon di jawab dok, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CK.

Terlambat haid memang sering diidentikkan dengan kondisi kehamilan, padahal penyebab terlambat haid sangatlah bervariasi. Pada dasarnya, haid diatur oleh sistem hormon tubuh. Sehingga, apabila ada satu atau lebih hormon yang terganggu, maka siklus haid juga bisa berubah.

Beberapa hal selain kehamilan yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon adalah:

  • Pola hidup yang tidak sehat, misalnya sering tidur larut malam atau mengonsumsi makanan tidak bergizi
  • Penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid 
  • Obesitas atau underweight
  • Sindrom ovari polikistik
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Stres atau tekanan psikologis

Oleh karena itu, untuk sementara, Anda dapat mencoba melakukan pola hidup sehat agar hormon dapat lebih seimbang. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur, dan imbangi dengan cukup minum air putih. Lakukan olahraga rutin 3-4 kali per minggu. Cukupi juga kebutuhan tidur selama 7-9 jam per hari.

Apabila sudah melakukan hal di atas, namun tidak mengalami haid juga sampai 3 bulan berturut-turut, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya USG. Setelah diketahui penyebab pastinya, dokter akan memberikan terapi yang tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.