29 Aug 2020, 09:31Penyakit Lainnya

Telat haid 1bulan, pusing, mual, disertai kram perut, sakit pinggang, dan keputihan

HN
Info Penanya: HN0
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya saya sudah telat haid 1 bulan selama 2 minggu ini saya merasakan pusing, mual setiap makan pasti habisnya mual saya juga merasakan kram perut. Perut saya selalu sakit dan pinggang saya skrg2 suka sakit, dan sekitar 3 harian ini saya juga mengalami keputihan bening. Sebenarnya itu ciri2 apa dok saya punya penyakit atau apa dok? Mohon bantuannya terimakasih?
5608 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam HN,Timbul keputihan, pusing, mual, kram, masalah tidak nyaman di pinggang, terlambat haid bisa merupakan gejala yang mirip dengan tanda kehamilan. Apabila sudah menikah atau ada riwayat melakukan hubungan seksual ada baiknya bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan testpack.Tetapi apabila tidak ada riwayat berhubungan seksual, gejala yang timbul ini bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti:
  • Gangguan pencernaan seperti riwayat maag atau asam lambung
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Masalah gaya hidup yang kurang sehat seperti pola makan yang kurang baik, asupan makan yang tidak baik
  • Mengalami gangguan psikologis seperti stres atau cemas
  • Aktivitas fisik berat
Untuk itu pastikan terlebih dahulu hamil atau tidak, jika ternyata tidak hamil bisa coba atasi gejala yang timbul dengan memperbaiki pola hidup, makan lebih teratur, pantang makanan yang bisa menimbulkan iritasi saluran pencernaan, perbanyak minum air putih, mengonsumsi obat untuk meredakan masalah pencernaan seperti minum tablet antasida 3 kali sehari diminum sebelum makan, minum vitamin B6 dan periksakan diri apabila keluhan tidak membaik kepada dokter secara langsung.Apabila timbul keputihan, bisa merupakan hal normal seperti saat menuju menstruasi, memasuk masa subur ataupun karena perubahan hormonal lain seperti pada kehamilan. Apabila keputihan disertai perubahan warna cairan, perubahan konsistensi, atau disertai gejala tambahan seperti bau yang khas, gatal di kemaluan, ataupun timbul rasa nyeri, maka perlu diperiksakan untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidkehamilanpencernaangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil