Perdarahan implantasi, bagaimana ciri-cirinya?

SB Info Penanya: SB, Wanita, 28 Tahun
Halo dok, saya mau tanya, per hari ini (12 september) saya telat haid sudah 12 hari, tapi testpack negatif. Payudara membesar dan nyeri, sering keputihan lendir bewarna putih.Sebelumnya tanggal 21 agustus ada keputihan bewarna agak coklat, Tanggal 24 sampai26 keluar bercak coklat dan pink, jumlahnya sedikit dan muncul sesekali saja disertai keram ringan. Apakah ini tanda implantasi?Apakah ada kemungkinan saya hamil? Dan kapan saya harus tespack lagi? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Terlambatnya siklus haid setelah melakukan aktifitas seksual kerap kali disebabkan karena adanya kehamilan. Secara normal siklus haid pada wanita terjadi pada 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Adanya bercak perdarahan selain karena haid, salah satunya juga bisa karena adanya perdarahan implantasi.

Perdarahan implantasi adalah suatu perdarahan yang terjadi karena menempelnya calon janin (embrio) pada rahim. Kondisi ini terjadi sekitar 6-12 hari setelah pembuahan atau bertemunya sel telur wanita dengan sel sperma pria.

Adapun ciri-ciri dari perdarahan implantasi yaitu:

  • Perdarahan hanya berupa bercak (flek), tidak banyak
  • Perdarahan tidak ada gumpalan
  • Perdarahan berlangsung singkat hanya beberapa jam, atau paling lama hanya 3 hari
  • Berwarna merah terang, atau merah gelap

Terkait dengan pertanyaan Anda, bisa saja perdarahan tersebut merupakan perdarahan implantasi. Namun, perlu diketahui bahwasanya tanda pasti dari kehamilan adalah tes kehamilan, pemeriksaan dokter dan pemeriksaan ultrasonografi atau kerap disebut dengan USG kehamilan. Jika Anda sudah melakukan tes kehamilan namun negatif, alangkah baiknya Anda melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. 

Kemungkinan penyebab tes kehamilan negatif palsu, adalah:

Jika sudah melakukan tes kehamilan ulang, dan hasilnya masih negatif, namun Anda ragu-ragu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari kelelahan, dan jaga kebersihan area kewanitaan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan ibu hamil yang tepat

Mengenal Panduan Porsi Makan Ibu Hamil yang Sehat dan Tepat

Porsi makan ibu hamil yang tepat perlu diketahui demi kesehatan ibu dan bayinya. Hal ini perlu untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada berat badan ibu dan bayinya.