05 Dec 2020, 04:54Kandungan

Apakah telat haid perlu tes kehamilan?

AP
Info Penanya: AP0
Dok saya telat 12 hari tanpa flek, dan tanda kehamilan lainya. hanya saja dada saya nyeri, gigi sakit dan sering pipis. Apakah harus tespack atau bagaimana ?
1265 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, APTerima kasih atas pertanyaannya.Haid dapat terjadi setiap 28 hari sekali ataupun 21-35 hari sekali.  Sehingga siklus haid tiap wanita dapat berbeda-beda.  Apabila haid tidak datang lebih dari 35 hari dari siklus sebelumnya maka terdapat gangguan siklus haid yaitu terlambat haid.  Terlambah haid memang identik dengan kehamilan namun perlu diketahui bahwa ada faktor lain yang dapat membuat terlambat haid.

Kondisi berikut menjadi penyebab terlambat haid selain kehamilan :

  • Stress dan emosi tidak stabil.
  • Seing begadang dan kelelahan.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Obesitas atau terlalu kurus.
  • Menyusui.
  • Gangguan pada rahim.
  • Wanita dengan PCOS atau gangguan tiroid.
Apabila sebelumnya ada riwayat berhubungan intim tanpa pengaman, perlu dilakukan testpack 10 hari dari hari seharusnya haid.  Apabila hasil samar ulangi tes 10 hari kemudian untuk memastikan adanya hormon kehamilan pada urin.  Pastikan menggunakan testpack dengan benar dan sesuai anjuran agar hasil yang didapat akurat.Tanda kehamilan umumnya telat haid, payudara nyeri, perubahan suasana hati, badan lemas, nyeri punggung atau kram perut, buang air kecil lebih sering, mual atau muntah.  Tanda-tanda ini merupakan tanda yang tidak pasti artinya dapat dialami pada beberapa wanita dan ada juga wanita yang tidak mengalaminya.  Sehingga perlu tes kehamilan atau periksa dokter kandungan untuk hasil yang akurat.Sementara ini jaga asupan makanan sehat, hindari begadang, kelola stres, jaga berat badan seimbang, olahraga teratur dapat menjaga siklus haid tetap lancar.Semoga penjelasan ini bermanfaatSalam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil