11 Nov 2020, 15:18Kandungan

Telat Haid 11 hari, Perut sering kembung

RH
Info Penanya: RH0
Dok saya mau nanya nih saya sudah menikah. Saya telat haid kurang lebih 11hari, akhir² ini perut saya suka kembung rasanya gak enak banget. Itu kenapa ya dok
3882 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RH,Terlambat haid 11 hari adalah gangguan menstruasi yang bisa disebabkan oleh beragam kemungkinan, bisa karena kehamilan, gangguan hormonal, masalah berat badan, mengalami masalah psikologis seperti stres atau cemas, masalah organ reproduksi, kelelahan ataupun karena efek samping KB atau obat-obatan.Untuk memastikannya perlu dilihat dari riwayat sebelumnya. Jika ada riwayat aktivitas seksual pada siklus sebelumnya sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan testpack untuk mengetahui apakah hamil atau tidak. Jika tidak ada riwayat aktivitas seksual maka perlu memperbaiki kesehariannya agar siklus menstruasi bisa kembali normal.Perut kembung sendiri bisa terjadi karena masalah gangguan pencernaan, baik akibat pola makan yang kurang baik, asupan makan yang tidak baik, ataupun karena iritasi pada lambung dan usus. Untuk meredakan kembung bisa dilakukan beberapa upaya seperti:
  • Menghindari makanan yang mengandung gas, makanan berlemak, kurangi makanan berserat dan minuman bersoda
  • Bisa kompres perut dengan air hangat
  • Minum air hangat atau teh hangat
  • Olahraga ringan
  • Minum obat pereda seperti antasida tablet sebelum makan dan vitamin B6
  • Makan sedikit tapi sering
Jika tidak membaik, periksakan diri pada dokter untuk dipastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasiperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil