Telat haid 1 minggu, apakah hamil?

AS Info Penanya: AS, Pria, 1 Tahun
Selamat siang dok... Dok usia saya 33th..saya lg promil sebelumya saya pkainkb kalender.. Dok saya sudah 1minggu telat haid.. Tp saya tespeck masih negatif pdhl sebelumnya saya tidak pernah telat haid.. Tp. Perut sering kram kepala pusing dan payudara agak nyeri.. Apakah saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AS.

Menstruasi atau haid adalah hal yang dialami seorang wanita usia subur secara teratur. Normalnya, wanita sehat akan mengalami menstruasi setiap 21 sampai 35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Haid akan berlangsung selama 3-8 hari, yang ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina.

Ada berbagai kemungkinan mengapa seseorang mengalami terlambat haid, seperti penggunaan kontrasepsi hormonal seperti suntik, PCOS, stres yang berlebihan, pola makan yang tidak sehat, atau kehamilan. Selain terlambat haid, saat hamil seseorang juga akan mengalami gejala lain seperti mual, muntah, emosi yang tidak stabil, nafsu makan yang berubah, maupun pembesaran payudara.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, Anda dapat mengulangi testpack satu minggu lagi apabila masih belum haid. Apabila positif, selamat. Selalu konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup pada masa kehamilan, serta hindari stres.

Tetapi, apabila masih negatif, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG. Dokter akan mencari tahu penyebab pastinya dan memberikan penanganan yang tepat untuk Anda. 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.