Telat haid 1 bulan setelah lepas IUD

AO Info Penanya: AO, Wanita
dok saya baru buka kb ayudi saya,trus smpai 1 bln lbih ini sya belum dtg haid dan sya ngerasa bdan sya ada yg beda, tpi pertama sya cek tespek garis 2 tpi yg satu nya masih samar2, dan bsok nya lagi sya tespek lagi garis nya kok jdi 1 tu gmna ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AO,

IUD (Intra Uterine Device) adalah metode kontrasepsi dengan menempatkan alat di rahim yang juga disebut KB spiral. KB ini bisa memberikan perlindungan kehamilan yang efektif dalam durasi panjang hingga lima tahun. 

Setelah lepas IUD juga bisa kembali subur tanpa menunggu waktu lama seperti pada penggunaan KB suntik. Jika mengalami terlambat haid pasca lepas IUD hal ini bisa dipengaruhi beragam hal seperti efek perubahan karena alat KB yang baru dilepas atau baru digunakan, stres, kehamilan, gangguan hormonal, gangguan organ reproduksi lain dan sejumlah penyebab lainnya.

Apabila sudah dilakukan tespack tetapi hasilnya berubah tidak perlu khawatir, perhatikan ada tidaknya tanda-tanda kehamilan yang timbul pada diri Anda dan lakukan pemeriksaan ulang 2 minggu kemudian. Selain itu juga bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter kandungan untuk memastikan apakah hamil atau tidak dengen melihat ada tidaknya kantung janin yang terbentuk melalui pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.