Telat haid

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 29 Tahun
Selamat siang,,,dok sya mau tanya...saya pakai KB IUD Sudah 16 bulan....ini kok trnyata bulan ini sya terlambat haid sudah 1 minggu,,,pdhL sbLmnya sya tdak prnh telat smpai 1 minggu....jujur sya was2 dok karena anak sya yg prtma baru berumur 16 bulan....mohon solusinya..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MM

Telat haid, dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Kehamilan
  2. Penggunaan alat kontrasepsi

Beberapa kontrasepsi, seperti pil KB, KB suntik, maupun KB spiral (intrauterine device/IUD) dapat efek samping, salah satunya berupa haid yang tidak lancar maupun terlambat haid.

  1. Stres
  2. Kelelahan
  3. Terlalu kurus atau gemuk
  4. PCOS (polycystic ovary syndrome/PCOS)
  5. Perimenopause dini
  6. Gangguan pada kelenjar tiroid

Beberapa saran yang dapat Anda lakukan di rumah:

  1. Test pack kehamilan

Ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Lakukan tes ini menggunakan minimal 2 alat berbeda dan lakukan di pagi hari saat bangun tidur.

  1. Periksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah ada penyebab serius dari keterlambatan haid yang Anda alami.

Salam sehat,

dr. Airin Que

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gawat janin mengindikasikan bahwa bayi dalam kandungan Anda tidak sehat

Waspada! Gawat Janin akibat Gangguan Peredaran Darah

Waspada kondisi gawat janin dapat berisiko bagi kehamilan dan dapat mempersulit persalinan. Dalam kondisi gawat janin, bayi tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Gawat janin menjadi indikasi bahwa janin dalam kandungan Anda tidak sehat dan mempengaruhi detak jantung janin yang tidak normal.