Sperma dikeluarkan di luar, apa bisa hamil?

PA Info Penanya: PA, Wanita, 1 Tahun
Hai dok, saya mau bertanya soal masalah saya sendiri, jadi saya telat datang bulan dok, setelah berhubungan intim dengan suami saya, tetapi air spermanya tidak di keluarkan di dalam melainka di luar, pertanyaan saya apakah masih bisa hamil dok, sedangkan sya belum siap untuk hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PA.

Masing-masing pasangan suami istri memiliki pandangan berbeda tentang kehamilan. Pasangan yang baru menikah dan belum memiliki anak biasanya sangat menginginkan kehamilan, tapi ada juga yang ingin menunda sampai siap mental atau finansial. Sedangkan pasangan yang sudah memiliki beberapa anak biasanya ingin mengatur jarak antaranak dan menunda kehamilan.

Nah, kehamilan akan terjadi apabila sel sperma pria berhasil membuahi sel telur wanita. Agar hal ini terjadi, suami-istri perlu melakukan proses penetrasi, yaitu masuknya penis ke dalam liang vagina. 

Perlu Anda ketahui, saat ereksi, penis biasanya akan mengeluarkan cairan pre-ejakulasi. Cairan tersebut juga mengandung sperma dalam jumlah sedikit. Jadi, walaupun suami melakukan ejakulasi di luar, bisa saja sperma dalam cairan pre-ejakulasi berhasil membuahi sel telur Anda. Kemungkinan hamil tetap ada, namun kecil.

Anda bisa melakukan tes kehamilan apabila nanti terlambat haid. Jika positif, sebaiknya disyukuri dan dijaga kehamilannya. Tetapi jika negatif, pertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi dengan suami ya, untuk menunda kehamilan yang belum diinginkan. Untuk menentukan jenis kontrasepsi yang cocok bagi Anda, silakan berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
03 May 2020, 10:58
Dok saya mau nanya, Saya seks dengan istri, istri saya selesai haid tgl 14 , lalu saya seks tgl 24 , 3-4 hari kemudian tgl 27 istri saya Mens, Apakah bisa hamil Dok, Tapi saya 2kali ejakulasi di luar vagina dok? Dan sudah 1minggu istri saya mens, apa bisa hamil dok, tidak ya???? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 19:26
Hi, AR.
Tidak akan terjadi kehamilan karena istri Anda sudah 2x mens sejak terakhir kali Anda melakukan hubungan badan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
Salam sehat.
Dibalas oleh AR
16 May 2020, 03:07
Kenapa tidak terjadi kehamilan?, Ada penjelasan nya dok?...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 May 2020, 11:08
Selamat siang AR,
Mengacu kepada pertanyaan Anda tanggal 3 Mei, istri Anda tidak hamil karena sudah haid setelah berhubungan.
Tetapi, jika setelah haid Anda melakukan hubungan seks kembali, maka tentunya akan ada kemungkinan hamil lagi. Jika ragu, Anda bisa meminta istri melakukan testpack apabila sudah terlambat haid ya.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Puting pria dapat memberikan rangsangan sehingga mampu meningkatkan gairah seksual

Cara Merangsang Puting Pria untuk Seks yang Semakin Bergairah

Puting pria dapat memberikan rangsangan sehingga mampu meningkatkan gairah saat melakukan hubungan seksual. Bagaimana cara merangsang puting payudara pria?