25 Sep 2020, 19:03Kandungan

Telat haid pada usia 42 tahun

DM
Info Penanya: DM, Wanita, 1 Tahun
Slmt malam dok.Saya Dewi umur 42Sekarang saya mengalami telat haid 2 bln haid takhir pertama tgl 20 juli.Sampai sekarang saya belum haid juga. Tgl 12 september saya periksa USG ke dokter hasilnya negatif, skrg perut saya kelihatan buncit, saya tespeck hasil juga negatif klo saya tdk salah melihat 1 garis yg muncul. Apa penyababnya dok hal itu terjadi pada saya?
2338 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DM.Pada usia 42 tahun, siklus haid seorang wanita seringkali menjadi tidak teratur, karena produksi hormon-hormon tubuh yang mengatur haid berubah seiring bertambahnya usia. Lalu, usia 42 tahun juga bisa mengalami perimenopause, yang biasanya berlangsung 4-10 tahun sebelum menopause itu sendiri. Usia menopause rata-rata wanita yang normal adalah 52 tahun, dengan rentang 45-55 tahun.Selain siklus haid yang berubah, beberapa ciri lain dari perimenopause adalah:
  • Gairah seksual yang menurun
  • Produksi lendir vagina yang berkurang, sehingga terasa kering
  • Emosi yang tidak stabil
  • Rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti kepala, perut, atau payudara
  • Perubahan bentuk tubuh
  • Adanya gangguan tidur, yang bisa disertai dengan keringat malam
Apabila Anda juga mengalami gejala-gejala di atas, maka kemungkinan besar memang Anda sedang mengalami perimenopause. Kondisi ini tidak dapat dihindari dan pasti akan dialami semua wanita pada waktu tertentu.Untuk meringankan gejala perimenopause, coba lakukan aktivitas yang menyenangkan dan membuat rileks, seperti misalnya mendengarkan musik, mandi air hangat, atau olahraga yoga. Lalu, konsumsi buah dan sayur yang cukup, dan hindari makanan cepat saji atau yang mengandung pemanis dan perasa buatan. Hindari rokok dan asapnya juga, ya.Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menopausehaiddiet perimenopause
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil