Apa sajakah yang dapat menyebabkan terlambat haid?

AS Info Penanya: AS
Saya 4 bulan telat datang haid dok setelah melahirkan.apakah ada sebab dab akibatnya dok. Karena saya juga menyusui si kecil.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Haid terjadi pada wainita salah satunya karena adanya peran hormon reproduksi pada wanita. Siklus haid normal adalah 21-35 hari. Terlambatnya siklus haid, sering diartikan dengan adanya kehamilan. Padahal, beberapa kondisi tertentu dapat menyebabkan terlambatnya siklus haid.

Adapun kondisi yang bisa menyebabkan siklus haid terlambat adalah:

Saat sedang menyusui, terdapat kadar hormon prolaktin yang tinggi. Hormon prolaktin yang tinggi ini juga dapat mempengaruhi hormon-hormon reproduksi yang lain sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar. Setelah melahirkan siklus haid menjadi lancar biasanya setelah 18 - 24 bulan, namun tentunya setiap orang berbeda-beda. Bisa lebih cepat, atau bisa lebih lambat. Terkait dengan keluhan Anda, selain karena faktor menyusui, perlu dipastikan apakah Anda menggunakan alat kontrasepsi atau tidak. 

Bila Anda ragu-ragu, Anda bisa melakukan tes kehamilan bila mana dalam waktu dekat melakukan hubungan seksual. Hindari stres, konsumsilah makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, dan istirahatlah dengan cukup agar badan tetap sehat.

Konsultasikan diri Anda dengan dokter spesialis kandungan bila keluhan dirasa tidak membaik agar bisa dilakukan USG kehamilan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tanda wanita orgasme yang sulit “dipalsukan” adalah gerakan tubuh seperti mencengkeram sprei

Sungguhan Atau Palsu? Ini Cara Mengetahui Tanda Wanita Orgasme

Tanda wanita orgasme palsu biasanya tidak ada perubahan signifikan pada pasangan, bahkan tidak memerlukan “recovery time”.