05 Jun 2021, 07:36Kandungan

Telat datang bulan tapi berhubungan intim, apakah hamil?

AJ
Info Penanya: AJ, Pria, 26 Tahun
Good morning pa/bu dokter.. Saya mau bertanya soal isteri yang telat datang bulan biasa'y rutin per tanggal 29 tapi pas tgl 29 Mei 2021 blm haid sedangkan ketika tanggal 19 Mei saya berhubungan badan sampe sekarang blm haid jg dan tidak ada tanda² kehamilan kenapa ya dok? Terus apakah telat datang bulan kita melakukan hubungan intim lg akan beresiko hamil untuk mendapatkan momongan lg dok? Mohon penjelasannya, terimakasih dokter
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, A Terima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid bisa terjadi karena bebrapa penyebab, secara normal siklus haid wanita berksisar 21 -35 hari. Salah satu penyebab terlambat haid dengan riwayat berhubungan seksual adalah kehamilan.

Selain karena hamil terlambat haid bisa dipengaruhi oleh faktor lain, seperti:

  • Stres, depresi, emosi yang tidak stabil, kecemasan
  • Kelelahan fisik
  • Berat badan tidak ideal
  • Efek penggunaan KB
  • Penyakit pada organ eproduksi
  • PCOS
  • Hormon tubuh tidak stabil
Sedangkan untuk tanda pasti kehamilan bisa berupa hasil test pack positif, hasil pemeriksaan dokter dan hasil pemeriksaan menggunakan USG kandungan. Terkait dengan pertanyaan Anda "apakah telat datang bulan kita melakukan hubungan intim lg akan beresiko hamil untuk mendapatkan momongan lg dok?" agak sulit untuk ditelaah makna sebenarnya. Beberapa kemungkinan maksudnya adalah:
  • Jika yang Anda maksud seks berbahaya atau tidak jika sudah hamil, maka jawabnya tergantung dari usia kehamilan dan kondisi kandunga. bila terjadi flek atau perdarahan setelahberhubungan alangkah baiknya tidak berhubungan seksual terlebih dahulu.
  • Jika yang Anda maksud sudah telat haid masih bisa hamil atau tidak, maka jawabannya tetap ada peluang hamil bila dilakukan ejakulasi di dalam vagina.
  • Jika yang Anda maksud telat haidnya bisa karena hamil atau tidak, maka jawabnya bisa karena hamil, bisa juga karena fakor lain yang disampaikan di atas.
Untuk lebih pastinya boleh tolong jelaskan kembali maksud Anda ya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan tes kehamilan untuk tahu apakah saat ini sedang hamil atau tidak. Tetap konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup dan periksa ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan tatalaskana yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekshamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil