Telat datang bulan selama 4 bln

UR Info Penanya: UR, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok saya mau bertanya ni umur aku 21 thn saya sdah 4 bln telat haid dok baru kali ini saya telat haid dok thn sebelum nya lancar, saya sdah 2 thn ngengalamin kya bgini dok thn kmarin itu 3 bln telat haid dok dan sya ngerasa lemas, kpala sakit, perut bagian bahwa terasa sakit, belakang juga sering sakit dok kira2 apa penyebabnya ya dok??? Mungkin itu saja dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MH,

Terlambat haid lebih dari 90 hari atau lebih dari 3 bulan berturut disebut dengan amenorea. Amenorea adalah keterlambatan haid yang bisa dipicu oleh gangguan organ reproduksi seperti endometriosis, mioma uteri, PCOS dan lainnya, stres fisik atau mental, atau gangguan kesehatan seperti gangguan tiroid.

Gangguan siklus menstruasi bisa terjadi selama berbulan-bulan. Jadi jika sering tidak teratur maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Nantinya dapat diberikan penangangan baik pemberian obat hormonal untuk membantu memancing haid atau bisa dilakukan beberapa upaya lain untuk melancarkan siklus menstruasi seperti:

  • Istirahat cukup dan tidur 7-8 jam perhari
  • Kelola stres dan beban pikiran
  • Aktif bergerak dan olahraga rutin
  • Konsumsi bahan alami yang membantu melancarkan menstruasi seperti kunyit, cuka apel, kayu manis, dan nanas

Jika sering lemas, kepala sakit, perut nyeri juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari seperti pola makan yang kurang baik. Jadi perbaiki pola makan dan hindari makanan yang bisa mengiritasi lambung. Bisa konsumsi obat maag sebelum makan dan obat pereda sakit kepala jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.