02 Oct 2021, 23:15Kandungan

Telat datang bulan apakah hamil?

MS
Info Penanya: MS, Wanita, 22 Tahun
Salam sehat dok, saya ingin brtanya sekarang saya suada telat datang bulan dan akhir akhir ini saya merasa pusing dan ada rasa mual serta sensitif dengan bau.apakah itu artinya saya hamil?
79 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Wanita setiap bulan mengalami siklus haid normalnya 21-35 hari sekali tergantung siklus hormonal dalam masing-masing tubuhnya. Apabila ada ketidakseimbangan hormon maka siklus haid bisa saja menjadi tidak teratur dan dikatakan terlambat jika siklus sudah melebihi 35hari namun Anda belum haid kembali.

Memastikan kehamilan

Keterlambatan haid sering dikaitkan dengan kehamilan pada wanita yang memiliki riwayat berhubungan seksual tanpa menggunakan KB apapun sebelumnya. Selain itu adanya pusing dan mual memang dapat merupakan tanda awal kehamilan. Namun untuk menentukan apakah anda hamil atau tidak, tetap perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack. Jika dalam 2x pengukuran dengan jarak 1minggu Anda tetap mendapatkan hasil negatif, artinya Anda tidak hamil. Dan adanya keluhan pusing maupun mual bisa disebabkan oleh faktor lain misalnya peningkatan asam lambung atau gejala pramenstruasi (PMS). Sedangkan terlambat haid bisa disebabkan oleh stres, masalah berat badan, kelelahan, maupun gangguan pada organ reproduksi. Namun adanya tes positif artinya anda hamil, dan sebaiknya lakukan pemeriksaan diri ke dokter kandungan terkait kondisi kehamilan anda.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
mualtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil