27 Jun 2021, 13:56Kandungan

Telat datang bulan.

HR
Info Penanya: HR0
Dokter, saya sudah telat haid seminggu. Dan sebulan yg lalu saya melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya dalam hidup saya, dan waktu itu saya baru saja selesai haid (sudah sedikit darahnya belum hilang sepenuhnya), akan tetapi pasangan saya ejakulasinya di luar. Sekarang saya mengalami tanda-tanda seperti mau haid tapi sudah beberapa hari, haid tak kunjung datang dan malah keluar keputihan. Apakah saya hamil dok?
64 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam HR,Telat datang bulan seringkali dikaitkan dengan adanya kehamilan jika sebelumnya berhubungan seksual dan muncul keluhan mual muntah, pusing, badan lemas, nyeri pinggang dll sebagai tanda awal ekhamilan. Namun sebenarnya telat haid bisa disebabkan oleh banyak faktor, tidak hanya kehamilan saja.Tetapi memang benar jika ada riwayat berhubungan seksual dan terlambat haid tentu harus melakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak meski ejakulasinya dilakukan di luar, karena cairan pra ejakulasi juga mengandung sperma jadi bisa tetap membuahi sel telur meski ejakulasinya diluar vagina. Namun kemungkinan tersebut akan semakin kecil jika Anda berhubungan seksual di luar masa subur.

Penyebab tidak haid dan mual setelah berhubungan seksual:

  • Stres ketakutan bagaimana seandainya terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.
  • Kelelahan.
  • Sedang diet ketat.
  • Sering lembur atau bergadang.
  • Gangguan lambung akibat terlambat makan.
Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tes pack sekedar untuk menyakinkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang hamil. Minum antacida agar tidak mual. Rutin olahraga agar haidnya kembali lancar dan jangan bergadang. Jika masih ragu, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil