26 May 2021, 12:11Kandungan

Telat datang bulan, mengapa?

L
Info Penanya: L0
Siang dok, saya telat datang bulan dari bulan kemaren bulan April saya haid tgl 18 tapi bulan mei sekarang belum datang bulan sudh mau 1 mingguan kurang lebih sebelum itu saya berhubungan dengan pasangan tapi tidak dikeluarkan di dalam. Itu normal atau tidak dok bisa kasih penjelasan? Terimakasih
48 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, LTerima kasih atas pertanyaan AndaTelat datang bulan atau terlambat menstruasi adalah kondisi saat siklus menstruasi wanita melbihi dari siklus biasanya. Secara normal siklus menstruasi wanita berkisar 21 hari - 35 hari, yang dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir pada bulan lalu sampai dengan hari pertaman menstruasi kembali di perode bulan berikutnya. Terlambat menstruasi bisa disebabkan oleh karena hamil, namun selain hamil juga bisa terjadi karena pengaruh faktor lainnya.

Faktor yang bisa menyebabkan terlambat menstruasi di antaranya adalah:

  • Faktor emosional seperti stres, cemas
  • Faktor fisik seperti kelelahan, obesitas
  • Faktor hormonal seperti penyakti tiroid, PCOS
  • Efek dari penggunaan KB seperti IUD, suntik KB, pil KB 
  • Efek samping kosumsi obat tertentu
  • Penyakit pada organ reproduksi 
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila ada riwayat berhubungans eksual walaupun tidak dilakukan ejakulasi di dalam vagina, namun jika ada cairanpra ejakulasi yang mengandung sperma berhasil masuk ke vagina maka ada peluang untuk terjadi kehamilan. Meskipun peluang tersebut tidak sebesar saat melakukan hubungan sesual dengan pria berejakulasi di dalam vagina wanita. Untuk itu, lakukanlah tes kehamilan agar tahu apakah penyebabnya karena hamil atau tidak. Jika hasilnya negatif, maka penyebabnya bisa karena pengaruh faktor di atas.Terkait kondisi Anda terlambat haid termasuk normal atau tidak, tergantung dari siklus rutin menstruasi Anda, bila masih dalam rentang 21- 35 hari maka normal. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesalis kandungan untuk tahu penyebab pastinya dan mendapatkan tatalaksana yang sesuai. Tetap konsumsi makanna bergizi, terapkan gaya hidup sehat, jaga kebersihan area kewanitaan, atasi stres dan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil