08 May 2021, 02:00Perut

Kenapa terus-menerus telat haid?

AA
Info Penanya: AA, Wanita, 20 Tahun
Mlm dok sya mau nanya, bulan lalu sya berhubungan dengan suami sya dan telat haid sudah seminggu sya coba untuk testpack dan hasilnya negatif dan besoknya sya ngurut didekat rmh dan setelah ngurut gasampe nunggu sehari sya langsung haid dan bulan ini sya juga mengalami hal yang sama dan sya sudah testpack hasilnya masih negatif,apakah ada gejalanya dok?
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang AA,Haid adalah proses keluarnya darah dari liang vagina. Proses ini bersifat alamiah, akan terjadi setiap 21-35 hari selama seorang wanita belum memasuki masa menopause. Sistem tubuh yang mengatur haid adalah sistem hormon. Sehingga, apabila salah satu atau lebih hormon terganggu, maka siklus haid juga dapat berubah.Mengenai pertanyaan yang Anda sampaikan, apabila terlambat haid tapi testpack-nya negatif maka kemungkinan tidak hamil. Tapi, hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  • bulan lalu Anda telat haid seminggu
  • bulan ini Anda juga telat haid seminggu
Itu artinya, ada kemungkinan siklus haid Anda yang berubah menjadi lebih panjang. Misalnya, tadinya siklus Anda adalah 27 hari, maka sekarang menjadi lebih lama seminggu yaitu 34 hari. Seperti diuraikan di atas, apabila siklusnya masih di antara 21-35 hari, maka haidnya normal dan tidak perlu dikhawatirkan.Disarankan untuk memantau dahulu haid Anda selanjutnya. Kemungkinan, haid selanjutnya akan terlambat lagi seminggu. Apabila benar demikian, maka kemungkinan besar siklus memang benar-benar bergeser.Mengenai tindakan pengurutan yang Anda lakukan, apabila hanya dilakukan sekali saja, kemungkinan hal tersebut tidak memengaruhi siklus haid ya. Terjadinya haid setelah selesai urut mungkin merupakan suatu kebetulan. Untuk informasi dan apabila ada pertanyaan lebih lanjut, silakan berkonsultasi kepada dokter kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil