16 Mar 2021, 00:42Kandungan

Kenapa telat haid?

HS
Info Penanya: HS, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya Saya kan kemarin bulan februari datang bulan pada tanggal 7 dan berahir tanggal 12.. tapi sampai sekarang bulan maret belum juga dapat menstruasi.. bahkan tanggal nya pun udah kelewat.. apa saya harus coba tespek atau nanti nunggu akhir bulan maret???
145 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara idealnya siklus haid wanita berkisar 21 hari sampai dengan 35 hari, dengan rata-rata wanita berisklus 28 hari. Siklus haid ini dihitung sejak hari pertama haid etrakhir hingga hari pertama haid kembali pada periode haid berikutnya. Terlambat haid bisa terjadi karerna beberapa penyebab baik karena faktor yang bsia mempengaruhi haid, ataupun karena kehamilan.

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi haid diantaranya adalah:

  • Kondisi psikologis seperti cemas, emosi yang tidak stabil stres dan lain sebagainya
  • Kelelahan fisik karea aktivitas berat
  • Berat badan tidak ideal
  • Ketidakseimabangan hormon-hormon tubuh
  • Efek samping KB
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, beberapa kemungkinan penyebab terlambat haid bsia terjadi karena perngaruh faktor diatas. Jika ada riwayat berhubungan seks, bisa melakukan tes kehamilan untuk memastikan, Jika terjadi kehamilan atat tes pack sudah bisa mendeteksi hormon HCG pada urin ibu hamil sejak 10-14 hari setelah terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma. Usahakn tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan dan stres, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan dan kesehatan organ intim, lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika keluhan belum membaik.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil