26 Nov 2020, 18:00Kandungan

PCOS, salah satu penyebab telat haid

SS
Info Penanya: SS0
Dokter saya ingin bertanya dua bulan lalu saya melakukan hubungan dg suami sebelum berangkat dinas dan dua minggu setelahnya saya datang bulan setalah datang bulan saya tidak ada melakulan hubungan suami istri tapi saya sudah telat datang bulan apakah saya hamil.
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo SS,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Rasa khawatair yang Anda alami wajar dirasakan, karena salah satu tanda kehamilan adalah telat haid. Namun telat haid disini dapat terjadi kehamilan jika diawali proses pembuahan dengan berhubungan seksual. Jika telat haid terjadi tanpa melakukan hubungan seksual, telat haid dapat disebabkan oleh faktor yang lain.

Penyebab telat haid

Penyebab telat haid antara lain :Siklus haid normal adalah 21-35 hari. Jika siklus haid lebih dari 35 hari (35 hari tidak haid) berarti Anda mengalami siklus yang memanjang.
  • Pengaruh hormon karena penggunaan KB
Kb yang mengandung hormon antara lain : Pil KB esterogen atau pil KB kombinasi, suntik KB 1 bulan dan 3 bulan, KB implan yang dipasang di lengan, pil KB daruratPCOS adalah suatu kondisi dimana seorang perempuan memiliki hormon androgen yang lebih tinggi. Gejalnya dapat berupa timbul bulu yang lebih banyak di daerah muka, kaki, tangan, jerawat, kehitaman pada selangkangan dan lipatan tubuh serta gangguan siklus mentruasi seperti tidak haid.Gangguan hormon tiroid yang rendah (hipotiroid) menyebabkan gangguan metabolisme tubuh termasuk hormon untuk mentruasi.Jika keluhan yang Anda alami terus berlanjut, maka Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penataksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil