Telat datang bulan pasca bersalin, apakah hamil lagi ?

ED Info Penanya: ED, Pria, 1 Tahun
dok saya mau sya kn bru sdh bersalin tgl6 bln 7, dtg bln tgl 4 bln 8, dan sekg saya blm dtg bln ap saya hamil lgi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EDA.

Pada kondisi medis tertentu khususnya setelah masa nifas, siklus haid dapat menjadi tidak teratur karena hormon pengatur siklus haid dipengaruhi oleh aktivitas hormon menyusui atau prolaktin. Adanya aktivitas hormon menyusui tersebut dapat menekan hormon pengatur siklus haid hingga terjadi gangguan haid atau bahkan keadaan tidak haid sama sekali.

Ketika seorang Ibu menyusui, terutama apabila dilakukan secara eksklusif, maka kadar hormon prolaktin akan meningkat, namun salah satu efek sampingnya adalah penekanan pada aktivitas hormon pengatur siklus haid seperti hormon estrogen dan progesteron. Proses yang terjadi meliputi masa ovulasi (masa pengeluaran sel telur matang dari indung telur) yang dapat menjadi tidak terjadi. Sedangkan, masa ovulasi merupakan kunci untuk terjadi haid karena secara normal sel telur yang dikeluarkan tersebut akan luruh menjadi darah menstruasi jika tidak dibuahi oleh sperma. Proses tersebutlah yang menyebabkan haid dapat tidak terjadi pada masa menyusui.

Terkait keadaan tidak haid pada Anda, perlu dipastikan apakah benar Anda sedang menyusui secara eksklusif ? Jika iya, maka keadaan tidak haid yang dialami tergolong normal. Namun jika tidak dan selama ini Anda tidak menggunkan alat kontrasepsi apapun, maka ada baiknya untuk melakukan test pack guna menindentifikasi kemungkinan kehamilan. Test pack dapat diulang seminggu setelah pemeriksaan yang dilakukan pertama kali. Jika keduanya negatif, maka kedepannya jika hendak menunda kehamilan selanjutnya pertimbangkanlah penggunaan salah satu jenis kontrasepsi. 

Namun apabila keadaan tidak haid tidak ditunjang dengan keadaan menyusui dan hasil pemeriksan test pack tetap negatif, ada baiknya untuk berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.